Mohon tunggu...
Pingkan Paramita
Pingkan Paramita Mohon Tunggu... Guru - Guru

Melukis

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Merancang dan Mengelola Saluran Pemasaran Terintegrasi

23 Maret 2024   09:34 Diperbarui: 23 Maret 2024   09:39 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Artikel tentang Merancang dan Mengelola Saluran Pemasaran Terintegrasi

Merancang dan mengelola saluran pemasaran terintegrasi merupakan bagian penting dari strategi pemasaran perusahaan. Saluran pemasaran adalah sekelompok saluran pemasaran tertentu yang digunakan oleh sebuah perusahaan. Dalam merancang saluran pemasaran, pemasar harus memahami tingkat output jasa yang diinginkan pelanggan sasaran, seperti ukuran lot, waktu tunggu dan pengiriman, kenyamanan spasial, keragaman produk, dan dukungan layanan

Saluran pemasaran juga dapat berupa saluran hybrid, di mana perusahaan berhasil melipatgandakan jumlah kunjungan ke pasar atau saluran hybrid di banyak wilayah pasar. Contohnya adalah menjual produk langsung ke konsumen melalui telepon, kemudian internet, dan bukan melalui pengecer. Pelanggan juga dapat merencanakan sendiri rencana PC yang diinginkan. Selain itu, perusahaan dapat menggunakan tenaga penjual untuk menjual ke pelanggan besar, melaksanakan pemasaran melalui telepon pada pelanggan ukuran menengah, mengirimkan surat langsung ke pelanggan kecil, menggunakan pengecer untuk pelanggan yang lebih kecil, dan internet untuk menjual barang khusus

Saluran pemasaran juga dapat berperan dalam mengubah potensi pembeli menjadi pelanggan yang menguntungkan. Dalam mengelola pelantara, perusahaan harus memutuskan berapa besar usaha yang dilakukan untuk melakukan strategi pemasaran dorong atau tarik. Selain itu, pemasaran multisaluran (multichannel marketing) terjadi ketika sebuah perusahaan menggunakan dua atau lebih saluran pemasaran untuk menjangkau satu atau lebih segmen pelanggan. Sistem saluran pemasaran terintegrasi adalah salah satu sistem di mana strategi dan penjualan melalui satu saluran yang mencerminkan strategi dan taktik penjualan melalui saluran lain

Dalam merancang dan mengelola saluran pemasaran yang terintegrasi, perusahaan juga harus membuat rencana dan berkomunikasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan sekarang dan yang akan datang, serta masyarakat umum.

Dalam praktiknya, perusahaan perlu memilih anggota saluran secara cermat, melatih, memotivasi, dan menyiarkan anggota saluran secara berkala. Hal ini penting untuk memastikan bahwa saluran pemasaran benar-benar berkompeten sehingga dapat meningkatkan level perusahaan.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat digunakan untuk merancang dan mengelola saluran pemasaran terintegrasi:

Produksi Fungsi Saluran Pemasaran : Sebelum merancang saluran pemasaran yang terintegrasi, perlu diidentifikasi fungsi-fungsi yang diperlukan. Fungsi-fungsi ini meliputi pembuatan, pengumpulan, pengiriman, penjualan, dan penyediaan informasi.

Pilihan Strategi Pemasaran : Setelah fungsi-fungsi saluran pemasaran diperlukan, perlu dipilih strategi pemasaran yang tepat. Strategi ini dapat berupa strategi dorong (push) atau strategi tarik (pull). Strategi mendorong menggunakan tenaga penjual, uang promosi, dan produk untuk mendorong perantara untuk menjual produk kepada konsumen. Strategi tarik, alih-alihnya, menggunakan iklan, promosi, dan komunikasi untuk meyakinkan konsumen untuk meminta produk dari perantara.

Pengumpulan Data : Pengumpulan data yang tepat dan akurat adalah bagian penting dari saluran pemasaran terintegrasi. Data ini dapat berupa data konsumen, data produk, dan data transaksi. Data ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi konsumen yang tepat, memperbaiki produk, dan memperbaiki transaksi.

Pengiriman dan Penjualan : Pengiriman dan penjualan adalah bagian penting dari saluran pemasaran terintegrasi. Perusahaan harus memilih saluran pengiriman yang tepat untuk mengirimkan produk ke konsumen. Selain itu, perusahaan juga harus memilih saluran penjualan yang tepat untuk menjual produk kepada konsumen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun