Mohon tunggu...
Fyanie Alivia Rahmania
Fyanie Alivia Rahmania Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Psikologi

KKN Tematik UPI di bidang Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Saat Menjalani Sekolah daring

1 Agustus 2021   19:04 Diperbarui: 1 Agustus 2021   19:12 74 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Saat Menjalani Sekolah daring
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi global yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) karena kemunculan penyakit baru yaitu Covid-19 sudah setahun lewat membuat banyak perubahan besar di dunia, salah satunya yaitu pembelajaran yang sekarang sudah menyesuaikan dilakukan secara daring. 

Pembelajaran daring yaitu pembelajaran yang dilakukan antara guru dan siswa tidak melalui tatap muka. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk pencegahan penularan covid 19. Guru dan siswa tetap senang dapat melakukan komunikasi dalam rangka pembelajaran.

Setiap pertemuan dibuat rencana pelaksanaan pembelajaran. Pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 yang paling efektif adalah menggunakan media WhatsApp dan dipadukan dengan menggunakan Zoom, karena media ini sudah populer dan setiap siswa sudah mampu mengoperasikan dengan baik. 

Dimulai dengan pembentukan grup WhatsApp di setiap kelas guru memberikan arahan dan bimbingan kepada para siswa. 

Namun tak bisa dipungkiri juga bahwa sering kali murid maupun guru merasakapan jenuh dan penat karena melakukan kegiatan sekolah di dalam rumah. Adapun beberapa tips agar tetap nyaman saat melakukan pembelajaran daring:

  1.  Kamu perlu memberi jarak setidaknya 40-50 cm antara layar dan mata. pastikan posisi layar tepat di depan mata sehingga kamu tidak perlu menunduk. Jadi tubuh tetap dalam kondisi nyaman dan kinerja mata tetap prima.
  2. Untuk menurunkan risiko mata tidak sehat pastikan juga mengatur pencahayaan layar tidak terlalu terang atau gelap agar tidak cepat lelah.
  3. Perlu take a break! dan lakukan aktivitas lain selain di depan layar laptop.
  4. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, seperti sayur dan buah-buahan 
  5. Tidur sebelum jam 10 keatas, karena salah satu agar kondisi badan juga mata tetap sehat adalah istirahat yang cukup setelah beraktivitas seharian

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN