Mohon tunggu...
Fuji Lestari S
Fuji Lestari S Mohon Tunggu... Pelajar

anda mungkin bisa menunda, tapi waktu tidak akan menunggu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Penerapan Iptek dalam Nilai-Nilai Pancasila

5 Maret 2021   21:14 Diperbarui: 5 Maret 2021   21:45 95 9 7 Mohon Tunggu...

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dapat dikatakan sebagai segala hal yang berhubungan dengan teknologi, baik itu penemuan terbaru yang bersangkutan dengan teknologi ataupun perkembangan di bidang teknologi itu sendiri. Berbicara tentang perkembangan IPTEK di Indonesia, tentu tak bisa lepas dari peran teknologi informasi yang terus berkembang.

Sebagai satu di antara negara berkembang di Asia, penggunaan teknologi di Indonesia tergolong pesat. Hal itu dibuktikan dengan adanya kemudahan mengakses internet untuk terhubung dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia tanpa harus bertatap muka secara langsung, hanya menggunakan berbagai media sosial.

Tentu saja selain memberi banyak dampak positif menggunakan sosial media juga memberikan banyak dampak negatif seperti Media sosial juga menyebabkan orang orang kecanduan memainkannya.

Kecanduan terhadap media sosial tersebut memberikan efek buruk bagi kesehatan. Tak hanya itu banyak orang yang termakan oleh berita bohong(hoax). Dari beberapa hal yang menyimpang tersebut kita harus mengatasinya dengan menerapkan nilai nilai Pancasila dalam menggunakan sosial media ini diantaranya :

Sila pertama : jadilah pengguna sosial media yang berakhlak dalam berkomentar dan tidak menyebar kebencian
Sila kedua : jadilah pengguna sosial media yang tidak menghina orang lain dan saling menghormati
Sila ketiga : jadilah pengguna sosial media yang tidak terpengaruh oleh budaya barat dan menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan
Sila keempat : tidak mencampuri urusan orang lain dan menghargai pendapat pengguna sosial media lain.
Sila kelima : bersikap adil kepada semua pengguna sosial media.

Oleh karena itu, kita harus selalu bijaksana dalam menggunakan sosial media. Tak lupa untuk menerapkannya dalam nilai nilai Pancasila.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x