Mohon tunggu...
Frida Claudia
Frida Claudia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Ketika Jejak Digitalku Menghambat Karierku

19 Juni 2021   22:28 Diperbarui: 19 Juni 2021   23:12 23 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Jejak Digitalku Menghambat Karierku
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Kenapa Google bisa memghambat karir diri kita? Karena jejak Google sangatlah permanen. Artinya ketika diri kita memiliki masalah dan masalah itu viral di sosial media, maka pada saat orang lain mengketik nama kita akan langsung muncul di Google. Hal ini sangatlah berbahaya bagi diri kita. Kenapa karena pada saat ingin melamar pekerjaan dan pihak HRDnya mencari tahu diri kita lewat Google maka informasi dan masalah kita yang dulu akan langsung muncul dan menjadi nilai minus bagi pihak HRD. Maka dari itu kita dapat menyimpulkan bahwa jejak Google bagi diri dan karir kita sangatlah berbahaya. Disini kita dapat menilai bahwa Google lebih mengenal diri kita dan kita harus hati-hati saat melakukan hal apapun agar tidak ada jejak yang kurang baik tentang diri kita. Hal berbahaya dari Google lainnya yaitu terdapat informasi atau berita palsu yang dapat kita dapat dengan mudah tanpa kita tau itu berita asli atau palsu. Hal ini sangatlah berbahaya untuk seluruh pengguna sosial media melalui google. Google juga memiliki kurangnya keamanan atas identitas diri dan informasi. Hal ini sangatlah merugikan semua orang atau lembaga-lembaga besar lainnya. Setiap orang tidak bisa dengan mudah bebas dari jejak Google. Karena Google akan merekam atau mengrecord setiap kali kalian mengakses google atau dapat dikatakan mengawasi kalian.
Namun Google juga memiliki nilai positif. Nilai positif dari Google adalah kita dapat mencari informasi apa saja yang kita tidak tau. Google juga dapat membantu kita untuk mencari informasi yang kita butuhkan. Misalnya : seputar pendidikan seperti rumus, penjelasan, dan lain-lain. Dan seputar dunia bisnis, pemerintahan, kasus-kasus besar dan lain-lain. Jika dikatakan seberapa bahayakah Google untuk karir dan diri anda? Jelas sangatlah berbahaya dari jejak mengenai anda tidak dapat dengan mudah dihapus dari Google dan siapa saja dapat melihatnya dengan bebas. Namun sejauh ini saya sudah menggunakan Google namun semuanya alhamdulillah baik-baik saja dan tidak ada masalah sama sekali. Google bagi saya sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas dan lain-lain. Dan sangat menolong saya seputar dunia bisnis. Dari Google saya dapat mempelajari bagaimana untuk menjadi pembisnis yang sukses. Karena semua tentang dunia bisnis ada semua di google.

Google juga merupakan salah satu informasi dunia atau internasioanl. Karena semua informasi apapun terdapat di Google dan seluruh orang dapat melihat dan membaca segala berita apapun dengan mudah dan pastinya dengan bahasa apapun dapat diakses dengan mudah.
Jadi menurut saya, Google ini ada nilai plus dan minusnya tersendiri. Plusnya adalah baik untuk segala informasi yang tersedia dengan luas dan buruk untuk identitas seseorang yang dapat dengan mudah dicari. Maka dari itu ayo gunakan Google dengan smart. Jangan disalah gunakan dengan cuma-cuma.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x