Mohon tunggu...
Yudel Neno
Yudel Neno Mohon Tunggu... Penulis - Penenun Huruf

Anggota Komunitas Penulis Kompasiana Kupang NTT (Kampung NTT)

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Narasi dan Catatan Kritis di Balik Tim Sukses dan Pemimpin

21 November 2021   15:28 Diperbarui: 21 November 2021   15:30 493 5 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tulisan ini untuk mengenang Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam, Hari Orang Muda Sedunia ke-36 dan sekaligus mengenang Hari Ulang HUT Imamat ke-2, Tahbisan Imam ; 21 November 2019 sampai 21 Novmber 2021 : Rm. Yudel Neno, Pr, Rm. Derry Saba, Pr, Rm. Dalsi Saunoah, Pr, Rm. Yogar Fallo, Pr, Rm. Robby Kiik, Pr, Rm. Jefri Ndun, Pr, Rm. Yustus Nipu, Pr dan Rm. Sonny Akoit, Pr

Perjuangan Bersama

Politik ditinjau dari aspek aktivitas merupakan  perjuangan bersama. Perjuangan bersama meliputi giat diskusi, mekanisme dan aktivitas. Diskusi melahirkan ide. Ide melahirkan mekanisme, dan mekanisme dijadikan kerangka bagi aktivitas.

Banyak ide pasti muncul. Banyak mekanisme pasti disusun, dan banyak orang pasti terlibat dalam aktivitas, mulai dari promosi, kampanye dan bahkan black campaign pun bisa dilakukan.

Semuanya itu, terakomodir dalam perjuangan bersama, mulai dari lapisan masyarakat biasa, politisi, pejabat serta tokoh masyarakat lainnya. Masing-masing berupaya, berkonstribusi menurut kedudukan.

Perjuangan bersama ini melahirkan pengorbanan bersama. Demi menggapai kemenangan politik, berbagai strategi dipakai. Apapun bisa dikorbankan entah layak maupun tidak layak.

Pengorbanan Bersama

Pengorbanan bersama umumnya terjadi karena banyak faktor. Faktor-faktor itu sebagai berikut ; pertama; ketertarikan pada figur dan visi-misi, kedua; faktor hubungan kekeluargaan dan kekerabatan, ketiga; faktor kekecewaan pada pemimpin sebelumnya, ataupun terhadap figur tertentu, keempat; faktor kesamaan wilayah, kelima ; faktor relasi, keenam ; faktor ekonomi.

Faktor-faktor di atas, berpengaruh menurut isinya. Visi-misi yang realistis, figur yang baik, familiar dan populer, besar peluang untuk diperjuangkan.

Hubungan kekeluargaan dan kekerabatan menempatkan figur terkait diperjuangkan otomatis, walaupun tidak semua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pemerintahan Selengkapnya
Lihat Pemerintahan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan