Mohon tunggu...
Fransisco Xaverius Fernandez
Fransisco Xaverius Fernandez Mohon Tunggu... Guru - Guru SMPN 1 Praya Lombok Tengah NTB

cita-cita menjadi blogger Kompasiana dengan jutaan pembaca, penulis motivator kerukunan dan damai sejahtera. selain penulis juga pengurus FKUB Kabupaten, Pengurus Dewan Pastoral Paroki Gereja Katolik Lombok Tengah NTB.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Penantian 4: Di Persimpangan

2 Desember 2022   16:59 Diperbarui: 2 Desember 2022   17:08 120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Persimpangan Jalan di dekat rumahku (Dokpri)

Oleh Fransisco Xaverius Fernandez

Ketika anak-anakku memilih sekolah setelah tamat SMP kami menyerahkan sepenuhnya pada pilihan mereka. Tentu kami juga memberikan masukannya.

Putera Sulung kami akhirnya memilih SMK Pariwisata dengan program keahlian  Tata Boga. Kami terus menguatkannya bahwa ada konsekuensinya ketika memilih Boga yaitu fokus pada bagian masak.

Jika mau bekerja, maka bidangnya seperti ini. Jika mau bisnis seperti ini. Kami sebagai orang tua tetap mendukungnya. Namun ketika ia mengambil Diploma 1, ternyata jurusan yang diambilnya adalah Housekeeping. Housekeeping adalah jurusan yang berkaitan dengan kebersihan kamar serta lingkungan dalam hotel dan bertujuan untuk memastikan daya tarik dan estetika hotel.

Ia sempat bekerja di Malaysia dan Qatar. Sekarang ia sedang bekerja di Uni Emirat Arab tepatnya di Dubai. Kami tetap memberikan motivasi sehingga kelak ia mau melanjutkan pendidikannya sampai jenjang sarjana.

Sedangkan untuk Si Tengah, dari semula ia sudah memantapkan pilihannya pada sekolah teknik. Terbukti mulai SMA ia sekolah di SMA Sampoerna dengan system beasiswa penuh dan model percepatan. Kemudian kuliahnya dilanjutkan di Sampoerna Akademi dengan mengambil jurusan Teknik Mesin.

Setelah selesai kuliahnya di Sampoerna Akademy ia mengikuti program beasiswa NTB dan diterima di Malaysia. Sehingga kini ia sedang melanjutkan kuliahnya di Salah satu perguruan tinggi di Malaysia dengan jurusan yang sama yaitu jurusan teknik mesin. Tekadnya sangat besar untuk melanjutkan sampai program Doktoral. Semoga tercapai apa yang menjadi cita-citanya.

Sedangkan si bungsu yang masih di SMK Pariwisata dengan program keahlian Multimedia. Sesuai dengan hobinya iapun menjalani sekolahnya dengan gembira. Sehingga sering mendapatkan juara pada lomba-lomba yang berkaitan dengan multimedia. Ia pun juara di kelasnya, tanpa banyak belajar.

Namun kini ia mulai bingung mau sekolah kemana. Ia ingin sekolah berbasis sekolah kedinasan asrama sesuai dengan jurusannya. Mungkin ada pembaca yang bisa membantunya? Mohon memberikan masukannya pada kolom komentar. Terimakasih.

****

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun