Mohon tunggu...
Flying Phoenix
Flying Phoenix Mohon Tunggu... hai

asd

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Self-Rescue Bracelet

29 Mei 2019   23:19 Diperbarui: 30 Mei 2019   00:37 0 0 0 Mohon Tunggu...

Saatini banyak sekali orang yang ingin belajar surfing ataupun berenang. Halini dilakukan karena memang sekedar hobby mereka ataupun mereka inginmejadikannya sebagai pekerjaan. Surfing atau berselancar merupakansebuah olahraga yang biasanya berlangsung di atas ombak yang tinggi. Olahragaini dilakukan dengan menggunakan sebilah papan sebagai alat untuk bermanuver diatas ombak.

Papan tersebut akan bergerak dengan menggunakan tenaga arus ombakdi bawahnya dan arahnya dikemudikan seorang peselancar. Selancar seringdilakukan orang ketika mereka sedang berlibur di pantai. Sedangkan berenang menurutBudiningsih (2010:2), adalah salah satu olahraga air yang dilakukan denganmenggerakkan badan di air, seperti menggunakan kaki dan tangan sehingga badanterapung di permukaan air.

Setiap olahraga pastimemiliki resiko. Begitu pula dengan surfing. baik yang pemula maupunyang sudah lancar dapat memiliki resiko tenggelam. Tidak hanya berselancar, halini juga berlaku untuk olahraga renang. Baik orang yang belajar renang danorang yang sudah biasa berenang juga memiliki resiko tenggelam. Hal ini dapatterjadi karena sebelum berenang orang seringkali malas melakukan pemanasansehingga pada saat berenang mereka sering terkena keram kaki yang menyebabkanmereka tidak bisa bergerak.

Selain olahraga, hal yanglain yang dapat meyebabkan resiko tenggelam adalah kecelakaan atau bencanaalam. Kecelakaan bisa ketika naik kapal laut ataupun pesawat sedangkan bencanaalam ketika banjir.

Untuk menghindari resikotenggelam saat sedang berselancar ataupun berenang. Maka diciptakanlah produk SelfRescue Bracelet. Produk ini merupakan produk inovasi berbentuk sepertigelang maupaun jam yang memiliki tabung gas karbondioksida berukuran kecil yangjika dibuka menyebabkan pelampung kecil yang terdapat di dalam gelang mengapungdan mengangkat manusia keatas permukaan air.

BUSINESS MODEL CANVAS

Untuk menjalankan sebuah bisnis, perlu dibuat Business Model Canvas untukmenjelaskan secara sederhana mengenai aspek-aspek penting dalam model bisnis.Terdapat sembilan segmen yang harus diperhatikan. Diantaranya:

Customer Segmentation

Dalam menjalankan bisnis, pertama-tamaperusahaan harus menetapkan siapa yang harus dilayani. Perusahaan dapatmenetapkan untuk melayani satu atau lebih segmen. Penetapan segmen ini akanmenentukan komponen-komponen lain dalam model bisnis. Customer Segmentation bisnisini akan ditujukan kepada orang yang suka olahraga berenang dan jugaberselancar. Selain itu juga ditujukan kepada orang yang ingin melindungidirinya jika menaiki kapal atau pesawat. Self Rescue Bracelet ini bisa digunakan oleh pria maupun wanita dan jugapenggunaan untuk semua umur.

Value Proposition

Value proposition adalah manfaat yang ditawarkan perusahaan kepada segmen pasar yang dilayani. Manfaat yang produk ini tawarkan adalah rasa aman saat sedang melakukan aktivitas olahraga di air. Terutama bagi orang yang baru belajar berenang dan juga belajar berselancar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3