Mohon tunggu...
Florentina VictoryaLiwun
Florentina VictoryaLiwun Mohon Tunggu... Pendidikan Fisika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

shoping and traveling

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Hardiknas di Tengah Pandemi Virus Corona

15 Mei 2020   17:13 Diperbarui: 15 Mei 2020   17:30 291 5 2 Mohon Tunggu...

Hallo saudara saudari sebangsaku, semoga corona tidak membuat kita bermalas malasan ya. Tanggal 02 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS)

Namun sepertinya masih cukup banyak yang bertanya Apa sih sebenarnya pendidikan itu? Apa peranan pendidikan untuk bangsa Indonesia? Siapa sih sebenarnya para pendidik itu? dan masih banyak lagi pertanyaan yang sederhana tapi sulit untuk dijelaskan. Untuk menjawabnya mari simak penjelasan berikut ini.

Secara sederhana, Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan dan keterampilan yang dilakukan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain. Tentunya pendidikan punya peranan penting untuk kemajuan suatu bangsa, termasuk bangsa kita, Indonesia tercinta. Pendidikan dapat merubah segalanya menjadi lebih baik, seperti pendapatan ekonomi bertambah, Sumber Daya Manusia (SDM) yang mandiri serta kompeten, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Pendidikan bukan ajang pamer harta karena bisa bersekolah di sekolah elite atau kuliah di kampus ternama, bukan. Tetapi bagaimana pendidikan merubah cara berpikir kita , sudut pandang kita, cara kita menyelesaikan persoalan yang tentunya berguna bagi kehidupan kita.  Tak menjadi persoalan Anda bersekolah di desa atau berkuliah di universitas kecil (asal yang sudah terakreditasi ya), tapi yang terpenting adalah bagaimana cara Anda sekalian menjadi berharga, mampu bersaing, dan tentunya mengikuti perkembangan zaman.

Pendidikan bukan hanya tentang pelajaran formal yang Anda dapati di sekolah, bukan hanya pelajaran menghafal rumus dan menyelesaikan sekian banyak soal ujian yang saya yakin itu membuat Anda jenuh. Pendidikan yang sebenarnya adalah karakter setiap manusia itu sendiri; Bagaimana Anda menjadi manusia yang berkualitas tinggi, berakhlak dan berbudi pekerti yang baik. Cukup simplekan!

Tak hanya sampai disini, ada lagi yang bertanya siapa sih sebenarnya para pendidik itu? Apa Cuma guru yang dinamakan pendidik?

Benar, guru adalah pendidik, secara istimewah ya; tapi sesungguhnya pendidik adalah seseorang yang dapat atau mampu memberi teladan dan contoh kehidupan yang baik kepada setiap penerusnya. Sebagai contoh saya mengatakan bahwa kedua orang tua saya adalah pendidik. Mereka mendidik saya menjadi manusia yang berperilaku baik, menjadi anak yang berani dan sebagainya. So, siapa pun yang menjadi panutan Anda sekalian adalah pendidik.

Terkhusus untuk HARDIKNAS kali ini,  di tengah pandemi virus corona yang sedang mewabah di negara kita, hingga tidak memungkinkan kita untuk memperoleh pendidikan secara formal, maka mari lakukan hal baik dengan belajar di rumah saja.  Anda bisa tetap produktif dan meningkatkan pengetahuan Anda dengan membaca buku atau hal baik lainnya dirumah saja.

Saya yakin pada zaman sekarang anak SD pun sudah memiliki smartphone. Oleh karena itu pergunakan smartphone Anda untuk mencari hal baru, belajar sistem digital guna meningkatkan pengetahuan Anda.

Jangan takut akan kegagalan, tetapi belajarlah dari kegagalan untuk menjadi lebih baik.

So, selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional 02 Mei 2020

Salam, Indonesia.

VIDEO PILIHAN