Mohon tunggu...
Florencia Irena
Florencia Irena Mohon Tunggu... Mahasiswa - Personal Blog

Semoga bermanfaat bagi pembaca blog saya:)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mengenal tentang Leadership Evolution

25 September 2021   15:57 Diperbarui: 25 September 2021   16:00 57 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengenal tentang Leadership Evolution
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Leadership Era 1. Era ini dapat dikonseptualisasikan sebagai pra-industri dan pra-birokrasi. Sebagian besar organisasi kecil dan dijalankan oleh satu individu yang berkali-kali mempekerjakan pekerja karena mereka adalah teman atau kerabat, belum tentu karena keterampilan atau kualifikasi mereka. 

Ukuran dan kesederhanaan organisasi dan sifat lingkungan yang stabil memudahkan bagi satu orang orang untuk memahami gambaran besarnya, mengoordinasikan dan mengontrol semua aktivitas, dan menjaga semuanya tetap pada jalurnya. Ini adalah era kepemimpinan great man dan penekanan ciri-ciri pribadi para pemimpin. Seorang pemimpin dikonseptualisasikan sebagai pahlawan tunggal yang melihat gambaran besar dan bagaimana semuanya cocok menjadi satu kesatuan.

Leadership Era 2. Di Era 2, kita melihat munculnya hierarki dan birokrasi. Meski dunia tetap stabil, organisasi mulai tumbuh begitu besar bahwa mereka memerlukan aturan dan prosedur standar untuk memastikan bahwa kegiatan dilakukan efisien dan efektif. Hierarki otoritas menyediakan mekanisme yang masuk akal untuk pengawasan dan kontrol pekerja, dan keputusan berdasarkan aturan praktis atau tradisi diganti dengan prosedur yang tepat. Era ini melihat munculnya "manajer rasional" yang mengarahkan dan mengontrol orang lain menggunakan pendekatan impersonal. 

Karyawan tidak diharapkan untuk berpikir sendiri; mereka diharapkan lakukan seperti yang diperintahkan, ikuti aturan dan prosedur, dan selesaikan tugas tertentu. Fokusnya adalah pada detail daripada gambaran besarnya. Manajer yang rasional sangat cocok untuk lingkungan yang stabil. Perilaku dan teori kontingensi bekerja di sini karena para pemimpin dapat menganalisis situasi mereka, mengembangkan rencana yang cermat, dan mengendalikan apa yang terjadi. Tetapi manajemen rasional tidak cukup lagi untuk kepemimpinan di dunia saat ini.

Leadership Era 3. Era ini merupakan kejutan yang luar biasa bagi para manajer di Utara Amerika dan Eropa. Tiba-tiba, dunia tidak lagi stabil, dan berharga teknik manajemen rasional tidak lagi berhasil. Dimulai dengan Embargo minyak OPEC tahun 1972 hingga 1973 dan berlanjut dengan persaingan global yang ketat tahun 1980-an dan awal 1990-an, banyak pengelola melihat kondisi lingkungan tersebut telah menjadi kacau balau. 

Jepang mulai mendominasi perdagangan dunia dengan ide mereka tentang kepemimpinan tim dan kualitas luar biasa. Ini menjadi era kebingungan besar untuk para pemimpin. Mereka mencoba pendekatan berbasis tim, perampingan, rekayasa ulang, kualitas program, dan pemberdayaan sebagai cara untuk meningkatkan kinerja dan mendapatkan lebih banyak motivasi dan komitmen dari karyawan.

Ini adalah era pemimpin tim dan perubahan pemimpin. Pengaruh tersebut penting karena kebutuhan untuk mengubah struktur dan budaya organisasi. Era ini melihat munculnya pengetahuan pekerjaan, penekanan pada kolaborasi horizontal, dan pergeseran untuk mempengaruhi teori. Daripada membayangkan kepemimpinan sebagai satu orang selalu tegas "bertanggung jawab", kepemimpinan sering kali dibagikan di antara para pemimpin tim dan anggota, beralih ke orang dengan pengetahuan atau keahlian paling banyak dalam masalah tersebut di tangan.

Leadership Era 4. Masuki era digital, seluler, media sosial. Sepertinya semuanya sedang berubah, dan berubah dengan cepat. Era 4 adalah era pemimpin yang lincah membuat lompatan untuk melepaskan kendali dalam pengertian tradisional. Pemimpin menekankan hubungan dan jaringan, dan mereka mempengaruhi orang lain melalui visi, makna, tujuan, dan nilai-nilai daripada otoritas dan kendali manajemen. 

Mereka terus bereksperimen, belajar, dan berubah, baik secara pribadi maupun profesional hidup, dan mereka mendorong perkembangan dan pertumbuhan orang lain sehingga pengikut memperluas kemampuan mereka dan berkontribusi pada inovasi. Era 4 membutuhkan ruang lingkup penuh kepemimpinan yang jauh melampaui manajemen rasional atau bahkan kepemimpinan tim.

Implications. Aliran dari kepemimpinan Great Man ke manajemen rasional ke tim kepemimpinan hingga kepemimpinan yang gesit menggambarkan tren di dunia yang lebih besar. Implikasi apakah kepemimpinan mencerminkan era atau konteks organisasi dan masyarakat. Kebanyakan organisasi dan pemimpin saat ini masih berjuang dengan transisi dari stabil ke lingkungan yang kacau dan keterampilan serta kualitas baru yang dibutuhkan dalam keadaan ini. 

Dengan demikian, Era 3 masalah keberagaman, kepemimpinan tim, pemberdayaan, dan hubungan horizontal semakin relevan. Selain itu, banyak pemimpin yang berkembang pesat bergeser ke kepemimpinan Era 4 dengan berfokus pada manajemen perubahan dan fasilitasi sebuah visi dan nilai untuk mendorong kinerja tinggi, kelincahan, dan berkelanjutan adaptasi di dunia yang berubah cepat. Pemimpin yang gesit menyesuaikan diri dengan sosial baru teknologi yang dapat menciptakan jaringan pemimpin di seluruh organisasi.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan