Mohon tunggu...
Diana Citra
Diana Citra Mohon Tunggu... -

Aku seorang pemimpi dan aku berjanji akan mewujudkan mimpiku.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Pacaran Nggak Ya?

30 Januari 2015   03:32 Diperbarui: 17 Juni 2015   12:07 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Apa gunanya cinta jika cinta berefek negatif? Apa gunanya cinta jika itu membuatmu kehilangan jati diri? Apa gunanya cinta pada masa-masa sekolah jika cinta membuatmu malas belajar?

Aku Mega, cewek paling nggak setuju dengan yang namanya pacaran selama masa sekolah. Orang bilang sih pacaran bisa bikin motivasi belajar bertambah. Tapi aku dulu pernah nyoba sekali waktu kelas 9, rasanya nggak enak. Bukannya tambah semangat belajar, tiap hari yang ada malah sibuk SMS-lah, mikirin si Doi, nangis kalo lagi ada masalah, dan masih banyak lagi. Sejak saat itu, aku nggak mau pacaran dulu.

“Eh, kuper... nulis apaan sih?”

Aku segera menutup bukuku dan mendongak ke arah orang yang memanggilku tadi.

“Bukan apa-apa,” jawabku singkat.

Aku nggak suka dipanggil kuper. Karena menurutku aku bukan kurang pergaulan. Aku punya banyak temen kok, cewek maupun cowok dan aku sering hangout bareng mereka. Mereka manggil aku kuper dengan alasan yang nggak rasional. Hanya karena aku jomblo sejak pertengahan kelas 9, sampai sekarang aku kelas 11, aku dibilang kuper. Nyebelin nggak sih?

“Eh, kuper! Dicariin tuh sama kaca mata kuda.”

Aku mendongak lagi dari bukuku. “Ngapain sih?”

“Mana aku tahu. Samperin aja gih.”

Dengan keberatan, aku pun menghampirinya di depan pintu kelasku. ‘Kaca mata kuda’ adalah sebutan yang diberikan oleh anak kelas 11 untuk Ryan, cowok yang berkacamata tebal penggila teknologi. Dan yang paling parah, Ryan sudah berkali-kali menyatakan perasaan sukanya ke aku. Tapi berkali-kali itu pula aku menolaknya.

“Hai... Mega,” sapa Ryan dengan cengiran yang membuat wajahnya tampak aneh.

“Hai... ada perlu apa?”

“Anu... kamu mau bantu aku nggak?”

“Bantu apa?”

“Tolong bikinin puisi. Kamu kan pinter bikin puisi dengan kata-kata yang puitis.”

Aku memincingkan sebelah mata. “Buat apa? Puisi buat siapa?”

“Aku mau nembak Febi.”

“Hahahaa... kamu mau nembak Febi?” hahaa... lucu banget seorang Ryan nembak cewek super menor kayak Febi. “Oke... aku usahain deh. Mau buat kapan?”

“Besok.”

Hah besok? Cepet amat. Tapi akhirnya aku mau aja bantu Ryan. Tapi aneh rasanya. Sekarang Ryan udah berpaling dari aku ke Febi. Aku udah kehilangan satu penggemarku. But it’s ok. Kasihan juga Ryan dari dulu aku tolak mulu. Tapi emang Ryannya juga nggak punya malu.

Aku kembali masuk ke kelas dan segera disambut dengan teriakan, “cieeee...” oleh teman sekelasku yang sebagian baru aja pulang dari kantin.

***

Buntu! Aku nggak tahu mau nulis apa. Bukannya nulis, pikiranku malah melayang menjelajahi kehidupanku selama ini. Apa ada yang salah denganku? Semua memanggilku kuper. Apa aku emang kuper? Atau aku harus pacaran? Tapi selama aku jomblo, aku emang merasa kesepian. Mungkin aku emang punya banyak teman di sekolah maupun di luar sekolah yang semuanya asik-asik. Di rumah aku punya satu kakak dan satu adik. Cukup ramai. Tapi di lubuk hatiku yang paling dalam, aku merasakan sepi. Aku merasakan ruang kosong yang hampa.

Akhirnya aku putuskan untuk menemui kak Rio di kamarnya untuk mencari inspirasi.

“Kak, boleh masuk nggak?”

“Boleh.”

Aku membuka pintu kamar kak Rio dan menemukan kak Rio sedang senyum-senyum sendiri.

“Hayo... kak Rio lagi ngapain sih? Sms-an sama pacarnya ya?” aku duduk di sebelah kak Rio di ranjangnya.

“Anak kecil mau tahu aja.”

Aku memberengut mendengar ejekan kak Rio. Tapi biarlah kak Rio berkata sesuka hatinya.

“Kak... emang pacaran enak ya?” tanyaku polos.

“Bukan enak sih namanya, soalnya pacaran bukan soal melulu seneng-seneng.”

“Terus kenapa kak Rio pacaran?”

“Mau tahu aja hahaaa... oke, pacaran itu bisa mewarnai hidupmu, pacaran nggak harus serius kok kalo kamu masih kecil. Emang sih pacaran pasti ada masalahnya, tapi kalo bisa dibikin enjoy, kenapa nggak? Eh, ngomong-omong kok kamu tanya begituan? Pengen pacaran ya? Hahahaa... anak kecil nggak boleh pacaran.”

Aku mendungus sambil berjalan keluar kamar kak Rio dan kembali menuju kamarku. Kak Rio nyebelin banget sih! Tapi lumayan ngebantu juga. Berarti pacaran itu asik ya kalo pacarannya dibikin enjoy? Berarti selama ini temen-temen aku dan aku dulu pacarannya terlalu serius? Bener juga sih kata kak Rio. Aku kan masih anak sekolah jadi pacaran itu bisa dijadiin nomor sekian, yang peting belajar dan sekolah.

“Initinya kalo pengen pacaran itu harus bisa menempatkan diri dengan baik,” kataku lirih pada diriku sendiri sembari berbaring di tempat tidur. Dan keputusanku adalah... mulai detik ini aku akan terbuka dengan yang namanya pacaran. Udah bosen hidup kayak gini mulu. Pengen mencoba hal baru.

“Oh... ya, aku lupa. Puisi buat Ryan! Aku belum bikin!”

Aku bangkit berdiri dan menuju meja belajar. Aku tulis apa pun yang ada dalam pikiranku. Selesai menulis puisi, aku kembali merasa kehilangan. Coba aja kalo aku sadar dari dulu. Coba aja dari dulu aku nggak pantang pacaran, terutama sama Ryan. Ryan nggak terlalu buruk kok, aku suka cowok berkaca mata dengan kesan smart. Ah, tapi udah telat. Sekarang Ryan udah berpindah hati.

Aku menghela dan memasukan secarik kertas tempat aku menulis puisi Ryan ke dalam tas. Mungkin bukan Ryan yang diberikan Tuhan untuk menjaid pacarku. Tapi aku bisa cari yang lain kok. Pasti. Walaupun aku nggak tahu kapan. Tapi... proses ngedapetin cowok kan lama ya? Capek deh!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun