Mohon tunggu...
Ivon Dewi
Ivon Dewi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI , Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Fisika

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Apa Arti Percaya Diri Sebenarnya?

15 Juli 2022   01:12 Diperbarui: 15 Juli 2022   01:35 191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hi aku ivon, ini adalah tulisan pertamaku. Semoga kalian suka

Apa arti  percaya diri sebenarnya? 

Kalau kita cari di google, percaya diri adalah seseorang yang mampu berpikir positif dan percaya bahwa kemampuan yang dimiliki mempunyai kualitas dan bisa bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, dan lingkungan.  Selain itu  kita akan melihat artikel yang berbicara tentang cara tampil percaya diri atau cara menipu diri agar lebih percaya diri. 

Tapi apa arti  sebenarnya?
Biarkan saya memberitahu pendapat saya tentang percaya diri, ini yang saya alami sendiri.  Menurut saya, percaya diri adalah tentang menjadi diri sendiri secara otentik, dan  menjadi diri sendiri tanpa takut menjadi berlebihan. Percaya diri adalah tentang keluar dari zona nyaman tanpa takut kita akan  gagal. 

Terkadang perasaan takut adalah masalah utama seseorang tidak percaya diri. Sering kali kita telalu banyak berpikir 

bagaimana jika aku begini  dan   begitu kira kira aku bisa ga ?  

Kira kira aku pantes ga ?

Kira kira aku berhasil ga ?

Kira kira mereka suka ga? atau yang lain sebagainya.  

Pikiran pikiran seperti diatas sering kali membuat kita bertidak berlebihan atau NORAK.  

Padahal menjadi diri sendiri adalah hal yang tenyaman.  Nyaman saat kita memakai barang yang kita suka, nyaman saat kita melakukan apa yang kita sukai dan nyaman saat kita tidak peduli tentang pendapat atau penilaian  orang lain tentang kita. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun