Mohon tunggu...
Fiyardi DwiLaksono
Fiyardi DwiLaksono Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ekonomi Pembangunan di Universitas Negeri Malang

Mahasiswa Ekonomi Pembangunan di Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Penguatan Nilai-nilai Pancasila Generasi di Masa Depan

21 September 2021   08:32 Diperbarui: 21 September 2021   08:34 229 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penguatan Nilai-nilai Pancasila Generasi di Masa Depan
 Pemaparan materi oleh Prof. Dr. Haryono, M.Pd., BPIP Republik Indonesia

Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Menyelenggarakan Workshop Mata Kuliah Ekonomi Pancasila

Saat ini seluruh dunia telah memasuki era revolusi industri 4.0 serta perkembangan teknologi digital yang semakin maju dalam kaitannya dengan kemudahan akses informasi dan komunikasi. Semakin mudahnya informasi untuk disebarluaskan telah membawa dampak yang cukup signifikan berkaitan dengan perubahan aktivitas ekonomi dan sosial bagi semua negara, termasuk Indonesia. Hal ini tentunya juga telah memberi pengaruh terhadap pola pikir seluruh masyarakat Indonesia terutama kepribadian generasi mudanya. Pancasila merupakan azas utama dalam semua aspek kehidupan bermasyarakat di indonesia. Terjaganya persatuan bangsa Indonesia hanya dapat diwujudkan selama Pancasila masih menjadi landasannya. Pancasila adalah intisari dari keberadaan Indonesia sebagai suatu negara. Pancasila berfungsi sebagai dasar negara, ideologi, filsafat, dan juga sebagai perwujudan dari prinsip dasar untuk Indonesia yang mandiri. Oleh karena itu, revitalisasi/kebangkitan kembali Pancasila seharusnya menjadi fokus utama dari program pemerintah, agar nilai Pancasila dapat dijiwai oleh setiap bangsa Indonesia. Para pendiri Indonesia berkeyakinan bahwa Pancasila dapat membebaskan rakyat dari kemiskinan, kelaparan, kesenjangan sosial dan korupsi, selain itu juga dapat menjadi landasan agar mampu menjalin kerjasama dengan negara lain secara menyeluruh. Hal tersebut dapat terwujud dengan menyatukan tekad, tindakan, dan integrasi/penggabungan dari berbagai bidang serta keterampilan untuk mencapai cita-cita kesejahteraan bagi seluruh bangsa Indonesia. Secara lebih mendalam, pemahaman filosofi Pancasila sebagai jati diri bangsa Indonesia perlu terus ditanamkan kepada generasi saat ini dan masa depan, walaupun zaman terus mengalami perubahan yang dinamis. Banyak Aspek yang perlu mendapatkan sentuhan nilai nilai Pancasila agar mewujudkan masyarakat sejahtera adil dan makmur dapat tercapai, salah satunya adalah aspek ekonomi.

Universitas Negeri Malang, sebagai lembaga akademis tentu memiliki andil dan tanggung jawab terhadap penanaman nilai-nilai luhur Pancasila memalui jalur pendidikan. Kondisi tersebut telah mendorong Fakultas Ekonomi UM untuk mulai membangkitkan lagi semangat nilai-nilai Pancasila melalui sajian mata kuliah Ekonomi Pancasila. Rangkaian kegiatan telah dilakukan oleh Fakultas Ekonomi UM mulai dari kuliah tamu ideologi Pancasila, kemudian seminar nasional dengan tema Interpretasi nilai-nilai Pancasila di era Digital serta yang baru-baru ini dilaksanakan adalah Workshop Penyusunan Rencana Aktivitas Mata Kuliah Ekonomi Pancasila yang diselenggarakan secara online bekerjasama dengan BPIP RI dan Yayasan Bung Karno.

Kegiatan workshop ini dilaksanakan oleh Jurusan Ekonomi Pembangunan dan akan menghasilkan draf Rencana Perkuliahan Semester (RPS) dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) untuk mata kuliah Ekonomi Pancasila. Webinar nasional Ekonomi Pancasila diselenggarakan oleh Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang pada hari Senin dan Selasa tanggal 26 dan 27 juli 2021. Untuk webinar hari pertama dilaksanakan pada hari Senin 26 Juli 2021 dengan dipandu oleh moderator Lustina Fajar prastiwi, M.Ec.Dev. Pada kegiatan ini, narasumber yaitu Prof. Hariono. Acara dimulai pada pukul 07.30 dengan diawali oleh nyanyian Kebangsaan Indonesia Raya dan dibuka dengan doa bersama. Sesi pertama pemaparan materi oleh Prof. Hariono. Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan kegiatan focus group discussion (FGD) dipandu dengan moderator.

Pada hari Selasa, 27 Juli 2021 dengan dipandu oleh moderator Linda Seprillina, M.E.. kegiatan ini memberikan kesempatan kepada narasumber yaitu Prof. Hariono, Dr.Timbul Hamonangan Simanjuntak,dan Dr. Didik Sukriono, SH., M.Hum untuk memaparkan materinya. Acara dimulai pada pukul 07.45 diawali dengan doa bersama. Sesi pertama pemaparan materi dilanjutkan dengan kegiatan focus group discussion (FGD) dipandu dengan moderator.

Pemaparan materi oleh Dr. Timbul H. Simanjuntak, Divisi Ristek Yayasan Bung Karno
Pemaparan materi oleh Dr. Timbul H. Simanjuntak, Divisi Ristek Yayasan Bung Karno

Pemaparan materi oleh Dr. Didik Sukriono, M.Hum.
Pemaparan materi oleh Dr. Didik Sukriono, M.Hum.
Dari kegiatan tersebut dihasilkan rancangan pembelajaran mata kuliah ekonomi pancasila dimana mata kuliah ini membahas mengenai sebuah bangun perekonomian yang disusun berlandaskan falsafah hidup bangsa indonesia, yakni Pancasila. Sebagai sebuah bangun perekonomian didalamnya terkandung aspek historis, aspek idiologis, aspek kebijakan, dan aspek praktik pembangunan ekonomi yang sedang berlangsung. Mata kuliah ini diarahkan untuk menginternalisasikan falsafah ekonomi berbasis nilai-nilai Pancasila. Diharapkan dengan adanya mata kuliah ini para mahasiswa, sebagai generasi penerus bangsa mampu mengelaborasikan sumber-sumber referensi dan pemikiran mengenai Ekonomi Pancasila dalam konteks pembangunan nasional, juga mampu menginternalisasikan falsafah ekonomi berbasis nilai-nilai Pancasila. Mahasiswa juga harus mampu menganalisis Ekonomi Pancasila baik dari aspek historis, aspek idiologis, aspek kebijakan, dan aspek praktik pembangunan yang sedang berlangsung. Dalam proses pembelajaran mahasiswa juga mampu menggunakan pendekatan problem based learning dan case study learning dalam pemecahan masalah melalui sudut pandang Ekonomi Pancasila. Di masa yang akan datang ketika sudah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat, mereka akan mampu menerapkan konstruksi Ekonomi Pancasila sebagai pendulum sistem ekonomi yang diterapkan dalam perekonomian serta mampu menghasilkan rumusan kebijakan pembangunan dalam perspektif Ekonomi Pancasila. (MPP)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan