Mohon tunggu...
Fiyardi DwiLaksono
Fiyardi DwiLaksono Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ekonomi Pembangunan di Universitas Negeri Malang

Mahasiswa Ekonomi Pembangunan di Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Penanaman Pendidikan Karakter dan Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Program KKN Mengajar

24 Juni 2021   20:30 Diperbarui: 24 Juni 2021   20:37 342 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pada tahun 2021 ini, Univeristas Negeri Malang (UM) mengadakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan edisi Covid-19 yang kedua kalinya. Pengadaan program KKN ini merupakan salah satu bentuk implementasi tri dharma perguruan tinggi bagi para mahasiswa. Salah satu tim KKN UM yang terjun secara langsung ke masyarakat adalah tim KKN Tematik yang berasal dari Fakultas Ekonomi UM yang mendapatkan tugas pengabdian di Desa Clumprit Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang.

Mahasiswa KKN Tematik ini merancang beberapa program kerja yang akan dijalankan selama 45 hari kedepan. Adapun salah satu program kerja yang telah dilaksanakan yaitu KKN mengajar yang juga merupakan bentuk realisasi peran mahasiswa kampus pendidikan dalam memberikan pengajaran kepada anak-anak dan sebagai upaya mengenal instansi pendidikan yang ada di Desa Clumprit. Program mengajar ini dilaksanakan pada hari jumat 18 Juni 2021 yang berlokasi di SDN 03 Clumprit dengan mengusung konsep pembelajaran yang interaktif dan disertai games yang edukatif bagi anak-anak. Program mengajar ini juga mewajibkan perseta didik untuk mematuhi protokol kesehatan, yakni para siswa diharuskan memakai masker dan menerapkan physical distancing agar meminimalisir terjadinya penularan virus Covid-19.

Pada program kerja KKN mengajar kali ini mahasiswa memberikan pengajaran mengenai pendidikan karakter dan nilai-nilai Pancasila dengan sasaran yang dituju yaitu siswa kelas 4 SD Negeri 03 Clumprit. Pemilihan materi ini dirasakan sesuai dengan siswa Sekolah Dasar, karena penanaman pendidikan karakter dan nilai-nilai Pancasila sejak usia dini merupakan elemen penting yang diperlukan oleh generasi muda saat ini. Pemberian materi pendidikan karakter sejak usia dini tersebut merupakan langkah strategis mengingat saat usia tersebut seorang anak bisa menyerap informasi dengan baik. Alasan lain pemilihan materi ini dikarenakan pentingnya pembentukan karakter didasarkan atas pola pikir dan perilaku seseorang yang dapat digunakan sebagai cerminan atas diri sendiri dalam menjalankan kegiatan sehari hari dalam bermasyarakat. Dengan begitu, harapannya setelah mendapatkan pengajaran mengenai pendidikan karakter ini siswa-siswi SDN 3 Clumprit mampu mengimplementasikannya pada kehidupan mereka sehari-hari. Bentuk penanaman pendidikan karakter yang dilaksanakan yaitu berupa penayangan video pendidikan budi pekerti yang berisikan nilai-nilai moral pada anak-anak. Setelah melihat video peserta didik diminta untuk menyampaikan isi yang terkandung dalam video agar mereka dapat memahami setiap nilai moral yang terkandung dalam video.

dokumentasi-kegiatan-games-interkatif-60d48a5606310e49c541d3c2.jpeg
dokumentasi-kegiatan-games-interkatif-60d48a5606310e49c541d3c2.jpeg
Materi kedua yang diberikan oleh mahasiswa KKN yaitu dengan penyampaian mengenai nilai-nilai dan pengamalan sila Pancasila melalui presentasi, materi tersebut berisi tentang bagaimana menerapkan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari. Setelah pemberian materi peserta didik diberikan games untuk mengingat kembali materi yang telah disampaikan, dalam games ini peserta didik menyusun kata dari sila-sila Pancasila beserta lambang Pancasila yang tersusun secara acak. Siswa-siswi kelas 4 SD 3 Clumprit sangat antusias dalam mengikuti games ini. Selain itu mereka berkompetisi untuk mendapatkan hadiah untuk memenangkan games ini. Harapannya permainan ini dapat melatih kekompakan, ketelitian, dan ketepatan mereka dalam menyusun sila-sila Pancasila dan menggabungkannya dengan lambang Sila Pancasila.

Kegiatan KKN mengajar ini disambut oleh guru dan siswa-siswi SDN 3 Clumprit yang dilihat dari respon positif yang diberikan. Disamping itu, pihak desa dan para guru mengapresiasi kegiatan ini, dikarenakan adanya program ini mampu memberikan kebermanfaatan di Desa Clumprit dan menambah kedekatan dengan mahasiswa KKN yang sedang melakukan pengabdian di desa Clumprit, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan