Mohon tunggu...
Fitri HermaliaPutri
Fitri HermaliaPutri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Senang menentut ilmu dan mencoba hal baru.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hubungan Komunikasi Bisnis dengan Impor dan Ekspor: Pengertian, Hubungan

4 Desember 2022   13:09 Diperbarui: 4 Desember 2022   13:09 215
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Komunikasi bisnis adalah sarana untuk mendapatkan komunikasi yang baik dan efektif dalam dunia bisnis. Komunikasi menjadi suatu hal yang sangat penting demi tercapainya suatu tujuan bisnis. Tidak heran jika kita diwajibkan untuk mempelajari komunikasi bisnis, dalam dunia bisnis.

Adapun jika kita memiliki komunikasi bisnis yang baik, maka kita akan menciptakan bisnis yang baik pula. Dengan adanya komunikasi bisnis yang baik kita sebagai pelaku bisnis dapat melihat peluang dan mengambil peluang yang ada. Serta kita dapat dengan mudah memerintah, mengatur, bernegosiasi bahkan melobby seseorang.

Pada kesempatan kali ini saya akan menulis hubungan antara komunikasi bisnis dengan import dan ekspor, namun sebelum masuk kedalam inti materi kita harus mengetahui dahulu apa pengertian komunikasi bisnis serta pengertian impor dan ekspor.


Pengertian komunikasi bisnis :

Menurut Katz (1994:4), Komunikasi Bisnis didefinisikan sebagai adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil. Komunikasi bisnis bisa diartikan sebagai komunikasi yang terjadi dalam dunia bisnis dalam rangka mencapai tujuan dari bisnis tersebut.

Menurut Persing (1981:108), Komunikasi bisnis menurut Persing didefinisikan sebagai proses penyampaian arti dari lambang atau kode-kode yang meliputi keseluruhan unsur yang ada hubungannya dengan proses penyampaian dan penerimaan pesan, baik itu berbentuk verbal ataupun berbentuk non verbal yang dilakukan di dalam organisasi yang membayar orang secara bersama-sama untuk memproduksi dan memasarkan barang atau jasa untuk memperoleh keuntungan.

Dari pengertian diatas dapat saya simpulkan bahwasanya, komunikasi bisnis adalah serangkaian proses dalam penyampaian ide, pesan, dan konsep dalam bentuk verbal maupun nonverbal yang mana bertujuan untuk mencapai suatu tujuan bisnis guna memperoleh keuntungan diantara kedua belah pihak.


Adapun pengertian dari impor dan ekspor yakni :

Menurut Astuti (2019:22), yang mengartikan impor adalah kegiatan membeli barang atau jasa dari luar negeri.

Menurut Amir M.S. (2009;1), Ekspor adalah mengeluarkan barang dari peredaran dalam masyarakat dan mengirimkan ke luar negeri sesuai ketentuan pemerintah dan mengharapkan pembayaran dalam valuta asing.

Dapat diambil kesimpulan bahwasanya impor adalah membeli barang dari luar negeri, sedangkan ekspor adalah menjual barang dari dalam negeri keluar negeri.

Lalu, apa hubungan antara komunikasi bisnis dengan Impor dan ekspor?

1. Dengan adanya komunikasi bisnis, kita dapat dengan mudah melobby perusahaan asing.

Impor dan ekspor sangat populer saat ini, namun yang menjadi hambatan adalah bagaimana cara kita dapat melobby perusahaan asing agar dapat bekerjasama dengan bisnis yang kita jalankan. Nah dengan adanya komunikasi bisnis yang baik tentu saja kita dapat dengan mudah melobby perusahaan asing, karena komunikasi bisnis yang baik akan membawa kita kepada tujuan bisnis yang akan kita sampaikan. Dengan komunikasi bisnis kita cenderung tidak bertele - tele, memahami pihak yang akan kita lobby, serta mengerti maksud dan tujuan komunikasi yang dilakukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun