Mohon tunggu...
Fitra WahyuLimbong
Fitra WahyuLimbong Mohon Tunggu... MAHASISWA UINSU

Kota Medan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tips Mudah Menghafal Al-Quran secara Daring di Tengah Pandemi Covid-19

18 Agustus 2020   21:00 Diperbarui: 18 Agustus 2020   21:13 112 0 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Mudah Menghafal Al-Quran secara Daring di Tengah Pandemi Covid-19
20200818-204328-5f3be568097f363bbe24e492.jpeg

Penulis: Fitra Wahyu Limbong

Corona Virus Disease 2019 atau sering kita sebut covid-19 sudah menjangkiti banyak orang di dunia terkhusus Indonesia. Sehingga memaksa orang-orang untuk beraktifitas di rumah saja. Sudah banyak cara yang dilakukan pemerintah untuk terus menekan penyebaran virus ini dimulai dari menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sampai pada penerapan new normal (Kenormalan Baru), namun pandemi belum menemukan titik terang. Akan tetapi, orang yang terserang virus ini semakin bertambah bahkan di Indonesia sudah mencapi angka 100.000 lebih jiwa yang diserangnya. 

Pandemi ini menyebabkan seluruh aktivitas masyarakat terhenti sejenak masuk kenormalan baru dan aktivitas berangsur-angsur memulih. Namun, kenormalan baru ternyata bukanlah satu langkah efektif yang diambil pemerintah untuk menakan penyebaran, terbukti dengan melonjaknya kasus setelah kenormalan baru ditetapkan. 

Salah satunya kegiatan belajar mengajar, sudah hampir setengah tahun lamanya kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun di perguruan tinggi ditiadakan, diganti dengan cara belajar daring (dalam jaringan) di rumah masing-masing. Cara belajar daring/online seperti ini bisa dikatakan adalah cara belajar baru yang dilakukan di dunia pendidikan Indonesia, yang sebelumnya tidak pernah dilakukan.

Nah pada kesempatan yang seperti ini kita memanfaatkan waktu untuk memperdalam dan menambah pengetahuan dengan hal yang bermanfaat termasuk memperdalam serta mengkaji ilmu Alquran yang mana Alquran adalah kitab suci yang tidak pernah berubah dari dulunya. Nah dari situ Alquran tidak pernah berubah karena Alquran bukan dibuat-buat oleh manusia akan tetapi, itu adalah perkataan Tuhan yaitu Allah swt. yang Maha Esa.  

Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas mengenai tips mudah menghafal Alquran selama di rumah ditengah terjadinya pandemi covid-19, agar aktifitas kita selalu bermanfaat meski di rumah saja.

dokpri
dokpri
Kita semua tahu tentang hadiah bagi mereka yang menghafal seluruh Alquran di akhirat dan di surga, yaitu derajat mereka akan naik dan perbuatan baik mereka akan dilipat gandakan; mereka akan merasa terhormat dengan diminta untuk membaca Alquran, dan orang tua mereka akan dimahkotai. 

Sesungguhnya Allah Maha Dermawan. Bagi mereka yang berusaha menghafalkan Al-Qur'an, kesabaran adalah kuncinya. Dibutuhkan kesabaran untuk melakukan apa yang akan membuatmu berkenan kepada Allah SWT, alih-alih menghabiskan waktu sesuai dengan keinginan. Kesabaranlah yang membuat penghafal Al-Qur’an duduk hingga larut malam atau bangun di hadapan orang lain, sehingga meninggalkan tempat tidurnya, dan memberikan arti penting bagi dirinya. Ada beberapa cara untuk menghafal al-Qur’an diantaranya ialah:

Talqin atau Tasmi’

Talqin berarti seorang guru (yang lebih ahli dalam pelafalan Alquran) membacakan Alquran untuk kemudian diikuti oleh para muridnya. Sedangkan tasmi’ berarti seorang murid membaca Alquran untuk didengarkan oleh gurunya untuk diperbaiki jika ada kesalahan. 

Tikrar

Tikrar berarti pengulangan bacaaan hingga hafal, caranya :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN