Mohon tunggu...
Firman Juliansyah
Firman Juliansyah Mohon Tunggu... -

Once you meet me, you'll never forget me anymore coz I made of rainbow! I am SME biz owner & consultant, marketer. I am family, dew & jacuzzi lover...\r\nwww.zigra.co.id

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Rekomendasi Buku: My Kids My Adventure

9 Juli 2011   16:32 Diperbarui: 26 Juni 2015   03:48 299 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Rekomendasi Buku: My Kids My Adventure
13102288532026938479

[caption id="attachment_121678" align="aligncenter" width="300" caption="Jilid Buku My Kids My Adventure"][/caption]

Man aroodaddunyaa fa ‘alaihi bililmi

Wa man aroodal aakhiroh, fa ‘alaihi bil ilmi

Wa man aroodahumaa fa’alaihimaa bil ilmi

Barangsiapa menghendaki dunia, maka haruslah dengan ilmu

Barangsiapa menghendaki akhirat, maka haruslah dengan ilmu

Dan barangsiapa menghendaki keduanya, maka juga haruslah dengan ilmu

(HR Ibnu 'Asakir dari Ali RA.)

Hadits di atas menekankan pentingnya kita mempunyai dasar ilmu atas segala yang kita lakukan. Baik untuk tujuan kabaikan di dunia maupun di akhirat. Di dunia ini, segala keterampilan dan kegiatan tentu ada ilmunya. Dari mulai cara menanam tauge hingga menerbangkan pesawat luar angkasa; dari beternak cacing hingga mencangkokkan jantung buatan; dari membuat tape hingga aksi menggerakkan massa.

Membesarkan dan mendidik anak juga ada ilmunya. Dalam ilmu fiqih Islam terdapat istilah hadhonah, dalam bahasa Inggris, dikenal istilah parenting. Ilmu parenting atau ilmu pengasuhan merupakan gabungan dari banyak disiplin ilmu lain di antaranya: psikologi, kesehatan, keterampilan, ilmu gizi, ilmu komunikasi, ilmu keuangan, bahkan informatika.

Mendidik anak bukanlah perkara mudah. Anak bukanlah hal mudah. Puluhan hal yang sekilas sepele namun tetap krusial harus dirangkai secara tepat oleh orangtua. Di antara kepelikan hidup berumahtangga, bermasyarakat, dan bernegara, ilmu parenting tetap harus dipahami dan dipraktekkan sebaik-baiknya oleh pendidik yang ingin buah hatinya menjadi generasi terbaik.

Saat ini ilmu parenting belum menjadi disiplin ilmu yang populer. Sumber-sumber ilmu parenting pun jumlahnya masih sangat terbatas. Saya termasuk insane yang sangat menyesalkan banyaknya orangtua yang belum mempelajari pengasuhan anak. Di antara kita masih banyak yang menganggap pengasuhan anak tidak memerlukan ilmu atau pembelajaran khusus.

Dalam kondisi seperti ini, apa yang disusun oleh Penulis menjadi semacam sumber air di padang pasir yang dapat menjadi panduan bagipara orangtua yang ingin menjadi orangtua terbaik bagi putra-putrinya.

Membaca kumpulan tulisan Meti Mediya seakan menyelami kembali kehidupan kita semua, orangtua yang pernah mempunyai anak. Semua pengalaman yang dibagikannya, sangat dekat dengan keseharian kita. Semuanya nyata dan meyakinkan. Apalagi kesibukannya sebagai pengajar, blogger, dan lainnya dapat dijadikan bukti bahwa karir seorang ibu bukan alasan untuk menyepelekan pendidikan anak. Kiat-kiat yang dibagikannya akan sangat bermanfaat bagi semua orangtua. Yang lebih membuatnya menarik adalah penggunaan bahasa yang lugas dan mudah dipahami.

Jadi, bersyukurlah jika Anda dapat membaca buku ini. Selamat menikmati…!

Firman Juliansyah, pecinta pendidikan anak, ayah dari dua putra, pengusaha, dan pembicara di berbagai forum. email: firmanjul@yahoo.com

Mohon tunggu...
Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan