Mohon tunggu...
Firda NurKarima
Firda NurKarima Mohon Tunggu... artikel biasa

Selamat datang.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mengakses Konvergensi Media pada Era ini

15 April 2021   16:04 Diperbarui: 15 April 2021   16:08 36 1 0 Mohon Tunggu...

Di era sekarang perkembangan media dan teknologi memang tidak akan ada habisnya, karena di era sekarang semuanya serba digital. Pada tulisan ini saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya dalam mengakses konvergensi media, karena memang saya seorang mahasiswi ilmu komunikasi di universitas ahmad dahlan dan pasti kalian tau bahwa kita mahasiswi ilmu komunikasi tidak akan lepas dari yang namanya media. Konvergensi media, apa si kovergensi media? Konvergensi media adalah proses dimana berbagai konten media berkembang menjadi sebuah platform media tunggal melalui internet. Konvergensi media juga merupakan sumber media yang berbeda bergabung bersama-sama dana menjadi satu.

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas dan mencerikan pengalaman saya dalam menggunakan media konvensional dan juga media baru, dimana semuanya telah berubah sejak adanya media baru. Semua perkembangan yang terjadi telah memicu masyarakat sangat bergantung dengan adanya internet dimana pun dan kapan pun. Contoh dari konvergensi media ini adalah smartphone dana televisi, akan tetapi smarthone merupakan teknologi yang terbilang sangat canggih pada saat ini. Dimana kita bisa mengakses berbagai informasi hanya menggunakan satu barang. Smartphone tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja, jah dari itu banyak hal yang bisa di lakukan menggunakan smartphone. Jika televisi sendiri ini merupakan media yang terbilang cukup lama, lama dalam artian awet karena sampai saat ini masih saja ada. Televisi juga salah satu kovergensi media yang semua kalangan masyarakat menggunakannya. Dan ini menjukan memang televisi  merupakan media yang layak hingga saat ini digunakan untuk sumber informasi.

Berbicara soal pengalaman dalam mengakses atau menggunakan konvergensi media, tentu saja  itu adalah yang sudah saya lakukan. Karena saya sendiri contoh individu yang hidup di jaman modern ini, maka dari itu saya juga pengguna atau  pengakses konvergensi media. Tidak hanya saya, banyak mahasiswa/i yang menjadikan teknologi smartphone untuk menopang kebutuhan mereka sehari-hari. Mulai dari berkomunikasi hingga mencari informasi materi kuliah mereka, media yang dapat kita akses juga bermacam-macam jenisnya. Mulai dari tulisan, video hingga audio pun ada. Selain definisi konvergensi media diatas, konvergensi media juga bisa di artikan sebagai penggabungan teknologi digital yang berkembang saat ini, konvergensi media timbul karena adanya perkembangan media yang cukup pesat seperti peralihan teknologi dari analog menuju digital.

Konvergensi media juga membawa perubahan pada pengelolaan media, kebijakan redaksi, dan juga jadi penyebab menurunnya oplah surat kabar. Dan adapaun contohnya jika di lihat dari televisi seperti TV one, Tv one merupakan salah satu stasiun tv besar yang sudah sejak lama ada. Banyak konten yang di tayangkan oleh Tv one sendiri yang banyak sebagian orang masih mengaksesnya hingga saat ini. Sebagai seorang pengguna, televisi juga termasuk kedalam media informasi yang sangat di percaya ke akuratan informasinya. Tetapi, pengalaman saya menggunakan televisi dengan tayangan biasa yang dimana penayangannya hanya channel-channel lokal.

Sebagai seorang pengguna, jujur saya merasa sangat dimudahkan dengan adanya konvergensi media ini. Konvergensi ini tidak hanya memudahkan kita pelajara dalam mengakses materi-materi yang kita butuhkan, akan tetapi dalam bidang budaya konvergensi ini pun sangat berpengaruh. Budaya ini sendiri bisa di sebar luaskan melalui kita berinterkasi dengan banyak orang melalui aplikasi-aplikasi yang bisa di jadikan tempat berinteraksi. Dengan cara seperti itu, mereka sangat mudah memperkenalkan budaya mereka dan juga budaya kita sendiri. Dengan sebagai pengguna media yang aktif saya merasa di mudahkan dalam mencari teman dan berbagai informasi budaya yang terdapat di dalamnya. Tidak hanya dalam bidang budaya, dalam bidang ekonomi juga konvergensi  media juga sangatlah membantu dalam mengakses informasi dan membantu banyak masyarakat untuk berbelanja dan berjualan. Banyak sekali paltform atau tempat shopping online yang dapat kita akses dengan menggunakan smartphone saja. Memang kalau di ingat dahulu, jika kita ingin berbelanja atau berjualan kita harus mendatangi tokonya akan tetapi sekarang ini kita dapat melakukan itu semua hanya dengan berdiam diri di rumah dan menggunakan smartphone kita, bahkan di televisi pun terdapat suata acara yang khusus di tayangkan untuk berjualan.

Di indonesia sendiri konvergensi media sudah terbilang cukup bagus dan berkembang, akan tetapi jika dilihat dengan kurun waktu yang lama itu akan membuat penontonnya merasa bosan. Menurut saya sendiri seharusnya pihak televisinya harus bisa membuat suatu inovasi agar tidak membuat penontonnya merasa bosan. Dilihat dari sudut pandang saya konten-konten di televisi indonesia masih terbilang monoton karena hampir semua channel menyajikan acara yang terlihat sama atau mirip.

Konvergensi media suatu inovasi yang banyak  menguntungkan masyarakata, akan tetapi itu semua memiliki dampaknya sendiri. Konvergensi ini mempunyai dampak positif dan dampak negatif. Jika kita lihat dari dampak positifnya, konvergensi media ini memang banyak sekali manfaatnya dalam era ini. Banyak masyarakat yang merasa terbantu dalam mengakses banyak hal dan juga mencari informasi yang dibilang cukup terpercaya.dan selain itu dampak positifnya juga semua orang dapat mengakses informasi secara bebas dan mudah. Akan tetapi semuanya pasti ada dampak negatifnya, dampak negatif itu sendiri yaitu banyak juga masyarakat yang sangat ketergantungan kepada smartphone itu sendiri. Akan ada juga yang namanya kesenjangan sosial, mereka akan cenderung membedakan contoh seperti masyarakat kota dan di pedesaan. Perbedaan kelas itu sangatlah jelas pada masa digital sekarang ini. Selain itu akan muncul kurangnya interaksi sosial yang kurang efektif, hal ini yang menjadi suatu tantangan dari adanya konvergensi media ini. Karena banyak masyarakat sekarang ini yang merasa dirinya antisosial akibat terbiasanya mereka berkomunikasi tidak bertatap muka langsung.

Dari dampak yang sudah saya paparkan di atas, memang semuanya benar adanya. Pengalaman saya dampak positiflah yang menurut saya kurang menonjol walaupun banyak juga dampak positif yang telah di berikan oleh konvergensi media ini. Akan tetapi jika di lihat lagi dampak negatif itu sendiri pastilah terbilang sangat menonjol, karena saya sendiri kadang merasa tidak minat dengan adanya interaksi langsung lebih menarik interaksi melalui smartphone.

Kesimpulannya, konvergensi media mendukung segala hal digital yang ada dan itu sangatlah membantu masyarakat modern pada saat ini. Terlebih dalam kondisi dunia yang sedang mengalami pandemi yang tidak memperbolehkan kita melakukan mobilitas yang berlebih. Kegiatan konvergensi media ini sangatlah bermanfaat pada masa pandemi ini, mereka yang bekerja dan juga belajar dapat dilakukannya hanya dengan menggunakan smartphone mereka dan juga personal computer mereka. Akan tetapi masyarakat harus lebih sadar dengan pentingnya interaksi sosial karena itu akan mendukung  kita tidak menjadi orang ketergantungan dengan yang namanya smartphone. Dan juga kita harus lebih bijak dalam penggunaannya karena itu bisa membuat kita tidak terlalu terjerumus.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x