Mohon tunggu...
Fiqri Alamsyah
Fiqri Alamsyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya kadang suka menulis ketika sedang merasa resah menghadapi sesuatu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Merancang Masa Depan

20 Januari 2024   23:34 Diperbarui: 21 Januari 2024   00:14 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sudah kodrat manusia berekspektasi tinggi akan banyak hal, salah satu manusia itu adalah aku sendiri. Aku berekspektasi bahwa hidup akan berjalan sesuai dengan rancangan yg sudah kita rancang sedemikian rupa. Namun nyatanya semuanya berantakan, bukan berantakan dalam artian aku tak mendapatkan apa yg aku sudah rancang, namun berantakan dalam artian ternyata lebih dari apa yg aku rencanakan. Aku kaget bukan kepalang karena hasil ini tak terprediksi sebelumnya. Ternyata aku sadar bahwa peranku atas perjalanan hidupku tak terlalu banyak berperan, ada banyak peran yg sudah disiapkan dan dirancang oleh Yang Maha Besar, yg itu mungkin hal yg baik yg aku jalani. Sempat ku terfikir bahwa hidup yg merdeka adalah hidup yg kita bisa menjalani hal apapun yg kita mau. Bahwa ternyata kebebasan yg kita pikirkan dan idam idamkan hanyalah kebebasan semu. Karena sejatinya tak ada kebebasan tak ada kebebasan bagi kita dalam hidup kita sendiri. Hingga akhirnya aku berpikir bahwa hidup yg bebas adalah hidup yg bisa menjalani peran yg sudah di beri Yang Maha Kuasa dengan sebaik baiknya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun