Sebagai seorang guru bangsa harus mampu menyalurkan atau mentransferkan ilmu pengetahuan yang diperoleh kepada peserta didik dengan baik, seorang guru tidak hanya sebagai fasilitator proses belajar mengajar tetapi juga harus bisa melakukan pendekatan terhadap peserta didik agar peserta didik tersebut menyukai pelajaran atau materi yang disampaikan oleh seorang guru.
Setiap peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda-beda, maupun bakat dan minat yang berbeda-beda pula sehingga diperlukan beberapa pendekatan terhadap peserta didik dalam proses belajar mengajar, berikut adalah beberapa pendekatan yang akan membantu seorang guru untuk memperlancar proses belajar mengajar kepada peserta didik, antara lain:
1. Pendekatan individual
Menghentikan kedua anak yang suka bicara bisa menggunakan pendekatan individual, caranya dengan memisahkan atau memindahkan salah satu dari peserta didik tersebut pada tempat yang terpisah dengan jarak yang cukup jauh. Peserta didik  yang cenderung banyak bicara ditempatkan pada kelompok peserta didik yang cenderung pendiam.
2. Pendekatan kelompok
Pendekatan kelompok dilakukan oleh seorang guru dengan tujuan mengembangkan sikap sosial peserta didik serta membina sikap kesetiakawanan yang dimiliki peserta didik. Contohnya adalah peserta didik dibiasakan bekerja sama dengan kelompok, sehingga bisa menyadari bahwa dirinya mempunyai kekurangan dan kelebihan. Peserta didik mempunyai kelebihan dibidang tertentu akan membantu peserta didik yang memiliki kekurangan dibidang tersebut, begitupun sebaliknya.
3. Pendekatan edukatif
Pendekatan edukatif adalah suatu pendekatan yang dilakukan seorang guru terhadap peserta didik yang bernilai pendidikan dengan tujuan untuk mendidik peserta didik agar menghargai beberapa norma yaitu hukum, susila, sosial, moral, dan agama.
Misalnya, ketika bel tanda masuk kelas berbunyi, para peserta didik jangan dibiarkan masuk kelas terlebih dahulu, tetapi mereka dianjurkan berbaris di depan pintu masuk dan ketua kelas diperintahkan untuk mengatur barisan, setelah barisan tersebut sudah rapi. Kemudian guru berdiri untuk mengontrol para peserta didik.
Penjabaran tersebut adalah beberapa pendekatan terhadap peserta didik agar terciptanya suasana belajar mengajar yang efektif dan peserta didik juga mampu memahami materi yang disampaikan dengan seksama.