Mohon tunggu...
Fila Rachmad
Fila Rachmad Mohon Tunggu... Penulis - Seorang mahasiswa yang menekuni kepenulisan

Menulis menjadi salah satu hobby dalam waktu luang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Planet Terkecil hingga Terbesar di Galaksi Bimasakti

12 Oktober 2021   11:18 Diperbarui: 12 Oktober 2021   11:23 219 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Source : bobo.grid.id

Sistem Kita tinggal saat ini berada di Galaksi Bimasakti atau Milky Way dengan Matahari sebagai pusat tata surya dengan delapan planet yang berotasi memutari Matahari. Planet tersebut berotasi serta berevolusi sesuai jalurnya masing-masing agar tidak terjadi tabrakan antar planet.

Kali ini Saya akan membahas Planet terkecil hingga terbesar pada Galaksi Bimasakti. Berikut merupakan daftarnya :

1. Merkurius

Merkurius merupakan planet terkecil dalam tatanan semesta kita. Merkurius sendiri posisinya berletak paling dekat dengan Bumi. Merkurius berdiameter 4.879 kilometer atau 38% ukuran bumi. Kalian bisa membayangkan sendiri seberapa ukuran merkurius dengan melihat perbandingannya dengan Bumi.

Munculnya matahari di Merkurius akan dua kali lebih besar dari matahari di Bumi. Merkurius tidak memilikki kehidupan sama sekali. Suhu disini mencapai 427 derajat Celsius pada siang dan 184 derajat pada malam hari.

2. Mars

Mars merupakan planet yang berukuran lebih besar daripada Merkurius, Planet yang berada pada urutan keempat dalam tata surya ini memilikki diameter ukuran 6.779 kilometer atau 53% ukuran Bumi. Peneliti dari Lembaga Antariksa Amerika Serikat menyebutkan di Mars ditemukan air yang memungkinkan adanya kehidupan.

Mars juga planet yang memilikki suhu 50 hingga 60 derajat Celsius pada siang dan 100 derajat Celsius pada malam. Mars memilikki dua satelit yaitu Phobos dan Demos.

3. Venus

Venus acapkali disebut sebagai kembaran Bumi, namun Venus tidak dapat ditinggali oleh makhluk hidup. Hal ini disebabkan Venus memilikki atmosfer yang 96% nya merupakan karbon dioksida.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan