Mohon tunggu...
Fikri Zakia Qoimul Haq
Fikri Zakia Qoimul Haq Mohon Tunggu... Guru - Pendidik. Suami. Bapak. Tertarik dengan Pendidikan, Sosial dan Ekonomi

Jadilah manusia yang bermanfaat untuk ummat. Ingin hubungi penulis? email : fikri.players@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Parenting

Cara Menjadikan Anak Penghafal Al-Qur`an sejak Dini

12 September 2022   05:08 Diperbarui: 12 September 2022   06:58 79 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Kita lihat hari ini sangat banyak orang tua yang menginginkan anaknya untuk menjadi penghafal Al-Qur`an. Tapi banyaknya keinginan tidak diimbangi dengan pendidikan yang mendukung sejak dini. Nah, ini sangat kontradiktif sekali sehingga anak menjadi beban untuk menghafal Al-Qur`an. 

Maka perlunya orangtua mempersiapkan anak untuk menjadi penghafal Al-Qur`an sejak dini bahkan sejak berada di dalam kandungan. Di bawah ini adalah bentuk ikhtiar yang bisa menjadi acuan para orangtua untuk mempersiapkan anaknya menjadi penghafal Al-Qur`an.

1. Bacalah Al-Qur`an

Seorang ibu butuh ketenangan dalam menjalani proses kehamilan. Maka bacalah Al-Qur`an terutama membaca surah-surah yang disunnahkan dibaca oleh ibu Hamil. Ada beberapa surah yang sunnah dibaca antara lain Surah Maryam dan Surah Yasin. Hal ini juga menjadikan janin yang ada diperut ibu terbiasa mendengarkan ayat-ayat Al-Qur`an. Habbit membaca dan mendengarkan Al-Qur`an inilah yang akan ditularkan orangtua kepada anak.

2. Dengarkan 30 Juz Al-Qur`an

Cara ini dilakukan ketika bayi sudah lahir dan dilakukan sejak usia bayi 1 bulan. Maka persiapkanlah alat pendengar semisal speaker, smartphone atau speaker aktiv untuk menjadi alat yang akan didengarkan ke anak. Cara mendengarkan ke anak adalah usia bayi dipadankan dengan jumlah juznya. 

Ketika usia bayi 1 bulan maka juz yang didengarkan adalah juz 1 dan juga selanjutnya ketika usia bayi 2 bulan juz yang didengarkan adalah juz 2. Lakukan hal ini hingga selesai 30 juz tentunya dengan usia anak juga 30 bulan. 

Dengarkan anak satu bulan penuh satu juz secara konsisten setiap hari. Ini bagian dari mengusahakan agar Al-Qur`an ada dalam jiwa anak, kemudian juga usaha agar nanti ketika umur 31 bulan anak siap untuk menghafal Al-Qur`an.

3. Fase Menghafal

Memulai menghafal di usia 31 bulan dengan mengawali mendengarkan Al-Qur`an 30 juz penuh selama 30 bulan. Gunakan dengan metode Talqin untuk menghafal, karena pastinya anak belum bisa membaca Al-Qur`an secara mandiri. Mulailah dengan juz 30 kemudian ketika selesai lanjutkan ke juz 1 hingga selesai. Talqinlah anak sesuai kemampuannya, kalau mampu 1 baris seharimaka lakukan, kalau mampu 1 hari 5 baris maka juga lakukan. Istiqomahlah, karena itu adalah kuncinya.

4. Rezeki Halal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan