Mohon tunggu...
Fikril Hakim Wiratomo
Fikril Hakim Wiratomo Mohon Tunggu... Researcher

Postgraduate Student of Economic Education, UNS. Announcer. MC.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Raih Loyalitas Pelanggan dan Kesuksesan Perusahaan dengan E-CRM

5 November 2020   06:44 Diperbarui: 5 November 2020   06:49 143 2 0 Mohon Tunggu...

Keberhasilan dari suatu bisnis dipengaruhi oleh jumlah pelanggan yang didapatkan. Persaingan bisnis saat ini sangatlah ketat, sehingga kita dituntut untuk mampu meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk kita. Upaya ini salah satunya bisa dilakukan melalui e-CRM.

Prof Karunesh Saxena, Mohanlal Sukhadia University, Udaipur, mengatakan bahwa saat ini kebutuhan konsumen dapat dipenuhi dengan memahami kebutuhan mereka menggunakan Artificial Intelligence (E-Customer Relationship Management). 

Penting untuk mendengarkan pandangan konsumen. Dengan menghubungi konsumen maksimal secara digital dalam waktu singkat, mereka mampu memberikan informasi dan memberikan panduan yang benar tentang produk dan layanan mereka kepada konsumennya.

Pada dasarnya, target utama dari CRM adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Sebagai pebisnis harus mampu memahami keinginan pelanggan. Dengan adanya sistem CRM, data pelanggan akan tersimpan pada database komputer. 

Jadi, kita bisa mengetahui hal-hal yang sedang dibutuhkan oleh pelanggan tersebut. Jika kita mampu mewujudkan keinginan pelanggan, maka mereka akan setia dengan produk kita. Seperti itulah cara kerja CRM.

Dalam e-commerce, layanan pelanggan berfokus terutama pada 3R yaitu retensi, rujukan, dan reputasi, tetapi dua lainnya ditambahkan oleh James Barnes dalam bukunya tahun 2000 "Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan: Semua Tentang Bagaimana Anda Membuat Mereka Merasa" dan ini adalah hubungan dan pemulihan.

Layanan pelanggan yang luar biasa tidak hanya membantu niat baik tetapi juga sumber daya berharga sebagai keunggulan kompetitif e-commerce. Di dunia digital, semua tentang kenyamanan dan aksesibilitas. 

Ketika ini tercapai, kemungkinan besar pelanggan melakukan pembelian secara berulang. Memperoleh pelanggan baru lebih sulit dan mahal daripada mempertahankan pelanggan lama. 

Dengan demikian, perusahaan selalu berusaha menawarkan layanan pelanggan terbaik sebagai cara untuk memotong biaya akuisisi pelanggan yang mengganggu sambil menciptakan pelanggan setia dalam prosesnya.

Beberapa perusahaan telah memulai program loyalitas dengan e-CRM untuk memperpanjang siklus hidup pelanggan yang ada dan mengubahnya menjadi pelanggan setia. 

Pelanggan seperti itu biasanya adalah pembeli rutin yang memiliki kebiasaan belanja di atas rata-rata. Pola pembelian merekalah yang meningkatkan nilai umur pelanggan mereka, metrik utama saat mengukur kesuksesan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN