Mohon tunggu...
Dzulfikar
Dzulfikar Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Content Creator

Blogger dan Content Creator. Member Kompasiana sejak Juni 2010. Aktif menulis di blog bangdzul.com dan vlog https://www.youtube.com/@bangdzul/

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Pertama Kali Membawa Keluarga Trip ke Singapura, Johor, dan Kuala Lumpur

3 Oktober 2023   17:38 Diperbarui: 3 Oktober 2023   17:44 850
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Merlion Park (Dok.Pribadi)

"Bunda, September kita ke Singapura ya" begitu ujar saya pada bunda di akhir Agustus 2023. Impian ini sebenarnya sudah ingin diwujudkan pada awal medio 2020, namun karena pandemi, akhirnya rencana tersebut batal.

Alhamdulillah, justru pada September 2023, bukan hanya bunda yang bisa saya bawa ke Singapura tapi juga bersama mertua, istri, anak-anak dan keponakan. Total saya membawa tujuh orang keluarga bersama untuk trip ke Singapura, Johor Bahru dan terakhir mengunjungi menara kembar Petronas di Kuala Lumpur.

Persiapan Trip Rombongan Besar

Tahun 2018 saya pernah mengunjungi Johor Bahru dan Singapura bersama keluarga. Kali ini berbeda karena saya mengajak lebih banyak anggota. Sehingga ada beberapa persiapan yang harus saya lakukan agar benar-benar well prepared.

Pesan tiket Pesawat Lebih Awal

Satu hal yang paling penting saat membawa rombongan adalah tiket pesawat pulang pergi. inilah salah satu hal yang saya lupakan. Saya hanya memikirkan tiket pesawat saat keberangkatan, lupa mengamankan tiket pulang. 

Akhirnya saya harus membayar lebih mahal untuk tiket kepulangan. Itupun meleset dari rencana awal yang tadinya mau pulang dari Kuala Lumpur, tapi karena harga tiket melejit menjadi dua kali lipat dari harga awal. 

Menikmati HSBC Vortex Waterfall di Changi Airport (Dokumen Pribadi)
Menikmati HSBC Vortex Waterfall di Changi Airport (Dokumen Pribadi)

Saya memesan tiket lebih awal untuk keberangkatan dari maskapai penerbangan murah AirAsia. Kurang lebih sekitar Rp500 ribuan per orang. Sementara untuk tiket pulang untuk empat orang pertama saya bisa mendapatkan tiket pulang Rp500 ribuan, tapi empat orang terakhir harus membayar tiket pulang menjadi Rp1 jutaan, huhu mayan juga ya jadi membengkak. 

Pasalnya untuk empat orang terakhir sepertinya last ticket yang dijual sehingga langsung naik menjadi dua kali lipat. Untungnya masih bisa dapat tiket pulang untuk empat orang terakhir, jika tidak alamat pisah rombongan pada saat pulang.

Menunda-nunda pembelian tiket kepulangan akhirnya menjadi buah simalakama. Awalnya saya berharap bisa membeli tiket last minute supaya bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Nyatanya justru tiket merangkak terus naik. Selain itu, tidak ada jaminan jika memesan tiket di hari yang sama bisa langsung dapat untuk delapan tiket.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun