Mohon tunggu...
Dzulfikar
Dzulfikar Mohon Tunggu... Content Creator

SEO Content Writer yang mencoba menafsirkan ide dengan kumpulan kata yang sederhana. Aktif menulis di blog bangdzul.com dan menvisualisasikannya di vlog youtube.com/dzulfikaralala

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Nilai Tukar Rupiah terhadap Dollar Lebih Perkasa dari Mata Uang Ini

6 September 2018   13:18 Diperbarui: 6 September 2018   13:36 919 2 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nilai Tukar Rupiah terhadap Dollar Lebih Perkasa dari Mata Uang Ini
Dollar makin perkasa/kompas.com

Belakangan mungkin kita semua jadi rajin mengecek google dengan kata kunci "1 dollar berapa rupiah" hari ini. Kurs dollar memang jadi topik pembicaraan dari kalangan politisi sampai dengan emak-emak yang tiap hari belanja di pasar. Tapi, celakanya justru nilai tukar rupiah digoreng jadi salah satu bahan untuk menjatuhkan petahana dengan berbagai cara dan alasan.

Belum lagi dengan aksi gerakan tagar #gantipresiden2019 yang ngotot melengserkan presiden sebelum waktunya. Padahal pemilu sudah tinggal di depan mata. Mbok ya kalian itu sabar gitu lho. Ruh dan spirit Asian Games 2018 seharusnya masih membekas. Olahraga mengajarkan kita untuk lebih sportif berkompetisi. Kalah menang biasa lah, asal jangan main ganyang apalagi main tipu-tipu muslihat rakyat.

Krisis moneter tahun 1998 jelas berbeda kondisinya dengan tahun 2018. Krisis tiap 10 tahun ini rasanya bukan hanya Indonesia saja yang terkena dampaknya. Contoh saja negara tetangga kita Malaysia, diambang kebangkrutan gara-gara kasus mega korupsi mantan presiden Najib Razak yang sudah lengser.

Bedanya, rakyat Malaysia bersatu untuk menyelamatkan negerinya sendiri dengan patungan secara online. Membentuk gerakan crowdfunding demi menyelamatkan ibu pertiwi. Begitu juga dengan yang dilakukan oleh Turki dan jauh sebelum itu, Iran yang beberapa kali terkena dampak sanksi dari Amerika juga sudah terbiasa hidup dalam kungkungan dan batasan ekonomi sampai-sampai sulit untuk mengupgrade persenjataan dan juga pesawat komersialnya demi rakyat mereka sendiri.

Namun, dibalik penderitaan itu semua. Rakyatnya bersatu mendukung  presiden yang masih menjabat. Bukan malah sibuk menjatuhkan. Bahkan menggunakan gerakan-gerakan yang menjurus makar. Oh ya, bisa jadi gerakan itu ditunggangi oleh organisasi yang sebelumnya dibubarkan oleh pemerintah karena punya tujuan untuk mengganti dasar negara dengan sistem pemerintahan khilafah.

Oh ya balik lagi ke judul, ada beberapa mata uang yang melemah gara-gara keperkasaan dollar Amerika. Bukan hanya rupiah saja yang terkena imbasnya. Tapi, jika dihitung-hitung justru Rupiah lebih perkasa dibandingkan dengan beberapa mata uang ini. Yuk kita bandingkan ya seberapa kuat Rupiah menahan keperkasaan Dollar "Trump" Amerika.

Kurs Rupiah dan mata uang lain terhadap Dollar 6/9/2018 berdasarkan penelusuran google

1 USD = 14,999 IDR

1 USD = 6,61 LIRA

1 USD = 19,40 PESO

1 USD = 68,20 RUBEL

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN