Mohon tunggu...
Fika Fatiha
Fika Fatiha Mohon Tunggu... Lainnya - Beriman, Berilmu, Beramal

Menulis Karena Ga Bisa Menggambar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Kuliah

5 Juni 2022   12:47 Diperbarui: 5 Juni 2022   12:58 129 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Hai adik-adik...... Buat kalian yang saat ini masih bingung mau pilih jurusan apa atau bahkan mungkin sudah ada yang diterima di universitas, tulisan ini cocok buat kamu!

Mempersiapkan kuliah tentunya lebih baik di bandingkan dengan orang yang tidak mempersiapkannya sama sekali. Orang yang tidak mempersiapkan kuliahnya sebaik mungkin biasanya di semester awal, pertengahan atau bahkan saat di akhir mereka akan merasa salah jurusan

"Lahhh kok bisa?" Iya, bisa, itu karena ada beberapa faktor yang tidak mereka sadari dan mereka persiapkan sebelum memasuki dunia perkuliahan. Faktor-faktor apa saja yang biasanya menyebabkan orang mandeg saat berkuliah?

1. Tidak Membuat Prinsip dan Tujuan Kuliah

Mengapa kamu kuliah? Ini merupakan pertanyaan dasar sebelum kamu berkuliah. Jika jawabanmu karena ingin membahagiakan orang tua, ingin mendapatkan ilmu dan ingin mendapatkan pekerjaan yang layak, selamat! Berarti kamu sudah bertujuan dan memiliki prinsip hidup. Tulis, pahami dan pelajari apa tujuan kamu berkuliah.

Biasanya orang yang tidak memiliki tujuan kuliah "hanya sekadar agar terlihat pamer dan riya untuk menunjukkan ke orang-orang bahwa kita kuliah" akan mudah terdistraksi oleh hal-hal yang membuat kuliahnya menjadi kacau. 

Kalau kita tak meniatkan dengan tulus, tak berprinsip dengan baik, tak menyiapkan apa tujuan kuliah kita dilandasi karena kebaikan kita, kita akan mudah terhasut oleh godaan-godaan saat di masa perkuliahan. 

Seperti; godaan hanya ingin main-main saja selama kuliah; kuliah sering absen buat nongkrong ga jelas, terdistraksi untuk berprilaku yang jauh dari norma agama, karena biasanya yang berkuliah jauh dari orang tua maka mereka beranggapan bisa bebas melakukan apapun.

Maka, sebelum memulai kuliah, niatkan terlebih dahulu dalam diri kita bahwa kita berkuliah niatnya karena ingin menjadi pribadi yang lebih baik. 

Rencanakan dahulu tujuan kuliah kita seperti apa, jadikan tujuan itu prinsip, kuatkan dalam diri kita, agar kita tidak mudah terhasut dan terdistraksi oleh mereka yang mengajak kita kepada kemaksiatan yang dapat merugikan kita baik di dunia maupun di akhirat.

2. Kurang meng-eksplor diri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan