Mohon tunggu...
Fifi Kusuma
Fifi Kusuma Mohon Tunggu...

Student of Multimedia Nusantara University, majoring in Public Relations. Fashion Enthusiast. Personal Blog: http://dulcefifiyau.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Hijab dan Perempuan Indonesia

6 Agustus 2014   21:33 Diperbarui: 18 Juni 2015   04:15 2279 6 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hijab dan Perempuan Indonesia
Hijabers. KOMPAS.com/Wardah Fajri

[caption id="" align="aligncenter" width="624" caption="Hijabers. KOMPAS.com/Wardah Fajri"][/caption]

Tren fashion hijab di Indonesia menunjukkan perkembangan yang cukup pesat beberapa tahun belakangan ini. Munculnya berbagai merek busana Muslim lokal karya anak bangsa menjadi salah satu faktor utama yang menjadikan Hijab sebagai salah satu tren fashion di kalangan wanita Muslim. Tren fashion ini juga didukung oleh mayoritas penduduk Indonesia yang beragama Muslim sehingga menjadi lahan bisnis untuk para fashionpreneur (fashion entrepreneur) memperkenalkan kreasi busana Muslim ciptaannya.

Perkembangan tren ini menghasilkan istilah baru, yaitu Hijabers. Istilah Hijabers identik dengan wanita Muslim berhijab yang mengikuti perkembangan fashion terkini. Munculnya istilah Hijabers didasari oleh perkembangan tren busana Muslim saat ini yang semakin moderen dan dapat dikreasikan sesuai kreativitas masing-masing orang. Tips padu padan busana Muslim banyak ditemui di internet begitu pula dengan kreasi pemakaian Hijab yang bervariasi.

Nah, apa pandangan para Hijabers mengenai tren fashion Hijab di Indonesia saat ini?

Ria Miranda, seorang fashion designer busana Muslim, menyatakan fashion Hijab di Indonesia berkembang dengan pesat. Banyaknya desainer busana Muslim dengan berbagai karakter dinilai wanita kelahiran Padang ini menjadikan busana Muslim Indonesia kaya akan style Hijab yang unik.

Puput Utami selaku Hijab fashion blogger menganggap fashion Hijab sekarang lebih moderen dibandingkan sebelumnya. “Jilbab dulu itu monoton dan gak banyak orang berani pakai jilbab,” ujar Puput. Fashion stylist dan blogger, Shella Alaztha, menambahkan bahwa hijab saat ini telah diakui dan wanita Indonesia tidak takut lagi berhijab karena sekarang memakai jilbab dianggap cantik.

Seorang profesional muda, Niken Dwi Indah, mengapresiasi tren fashion Hijab saat ini yang variatif, mulai dari gaya casual hingga girly atau feminin. Banyaknya model busana Muslim memberikan pilihan kepada Hijabers untuk tetap tampil gaya dengan Hijab sesuai dengan style dan karakternya masing-masing.

Melihat perkembangan pesat tren fashion Hijab di Indonesia, pimpinan redaksi SCARF Magazine, Temi Sumarlin, optimis bahwa Indonesia dapat menjadi kiblat fashion Muslim dunia beberapa tahun yang akan datang. Desainer dan produsen busana Muslim di Indonesia yang kreatif dapat membantu terwujudnya pencapaian tersebut.

Ria Miranda menambahkan bahwa dukungan Hijabers Indonesia juga berkontribusi besar untuk mewujudkannya. Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah tentunya dengan percaya diri mengenakan Hijab karena berhijab merupakan salah satu kewajiban wanita Muslim di Indonesia. Para Hijabers juga dapat menunjukkan kreativitas berpakaian sesuai karakter dan bagi yang suka menulis dapat mem-posting busana Muslim sehari-hari ke blog untuk berbagi inspirasi dengan Hijabers lainnya.

Salah satu faktor pendukung penting lainnya adalah wanita Muslim Indonesia harus bangga mengenakan merek busana Muslim dalam negeri. Hasil karya anak bangsa yang telah disesuaikan dengan budaya kita menjadikan identitas busana Muslim Indonesia yang khas. Berbagai macam produk dengan bahan berkualitasi tinggi juga mempermudah dalam menyesuaikannya dengan selera dan gaya berpakaianmu. Selain itu, busana Muslim Indonesia sudah layak disandingkan dengan karya desainer luar negeri dan menjadi kebanggaan yang dapat mendukung tercapainya Indonesia sebagai kiblat fashion Muslim dunia.

Inilah langkah awal Indonesia menjadi trendsetter fashion Muslim dunia. Sebagai wanita Muslim Indonesia, jadilah inspirasi dan tunjukkan kontribusimu. Kontribusi dapat dilakukan dengan berbagai cara dan aktivitas kreatif lainnya. Jadi, apa kontribusi seperti apa yang akan Anda berikan? Kontribusi kecil darimu sangat berarti untuk kemajuan fashion Muslim Indonesia.

Simak video berikut ini untuk mengetahui lebih jelas tren fashion Hijab di mata perempuan Indonesia!

VIDEO PILIHAN