Mohon tunggu...
โ˜…ๅฝก ๐…๐ž๐ฒ ๐ƒ๐จ๐ฐ๐ง ๅฝกโ˜…
โ˜…ๅฝก ๐…๐ž๐ฒ ๐ƒ๐จ๐ฐ๐ง ๅฝกโ˜… Mohon Tunggu... Administrasi - Anti Fraud Activist - Pemerhati - Penulis - IG @feydownwsc_official

๐๐ž๐ง๐ž๐ซ๐ข๐ฆ๐š ๐Š๐จ๐ฆ๐ฉ๐š๐ฌ๐ข๐š๐ง๐š ๐€๐ฐ๐š๐ซ๐ ๐Ÿ๐ŸŽ๐Ÿ๐Ÿ’ "๐“๐ก๐ž ๐๐ž๐ฌ๐ญ ๐ˆ๐ง ๐’๐ฉ๐ž๐œ๐ข๐Ÿ๐ข๐œ ๐ˆ๐ง๐ญ๐ž๐ซ๐ž๐ฌ๐ญ" ๐—”๐—ป๐˜๐—ถ ๐…๐ซ๐š๐ฎ๐ ๐—”๐—ฐ๐˜๐—ถ๐˜ƒ๐—ถ๐˜€๐˜/๐—ช๐—ฟ๐—ถ๐˜๐—ฒ๐—ฟ. ๐ˆ๐†: @๐Ÿ๐ž๐ฒ๐๐จ๐ฐ๐ง๐ฐ๐ฌ๐œ_๐จ๐Ÿ๐Ÿ๐ข๐œ๐ข๐š๐ฅ ๐‘ด๐’†๐’๐’†๐’•๐’‚๐’‘ ๐’…๐’Š ๐’Œ๐’๐’•๐’‚ ๐‘ท๐’†๐’“๐’•๐’‰, ๐‘พ๐’†๐’”๐’•๐’†๐’“๐’ ๐‘จ๐’–๐’”๐’•๐’“๐’‚๐’๐’Š๐’‚ ๐„๐ฆ๐š๐ข๐ฅ : ๐ฐ๐š๐ฌ๐ฉ๐š๐๐š๐ฌ๐œ๐š๐ฆ@๐ ๐ฆ๐š๐ข๐ฅ.๐œ๐จ๐ฆ ๐…๐ ๐๐š๐ ๐ž : ๐–๐š๐ฌ๐ฉ๐š๐๐š ๐’๐œ๐š๐ฆ๐ฆ๐ž๐ซ ๐‚๐ข๐ง๐ญ๐š ๐Ÿ‘

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Foto Dr Fernando Gomes Pinto Asal Brazil Dibajak Scammer Nigeria

23 Oktober 2018   02:50 Diperbarui: 23 Oktober 2018   04:04 1018
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hati hati jika anda diajak berkenalan oleh seseorang dengan photo bule tampan. ย Bisa saja dia seorang scammer. Teliti dulu akunnya dan cek pertemanan mereka. Jika 90% wanita maka dapat saya pastikan bahwa itu akun palsu.ย 

Kemarin pagi saya menerima email dari seorang wanita sebut saja namanya X. ย Awalnya ia diajak berkenalan oleh ย bule tampan di Instagram.

Photo kiriman X
Photo kiriman X
Berikut email dari X :

Assalamualaikum, selamat pagi bu Fey,

Saya ย mau cerita sedikit tentang scammer yang tadinya akan menargetkan saya ย sebagai korban, allhamdullilah setelah saya cari info saya terhindarkan. Awalnya ย dia masuk untuk berteman dengan saya di Instagram dengan wajah yang ย sangat menawan (belakangan saya tahu dia mencuri photo Dr. Fernando Gomes dari Brazil ). Ia mengaku dokter dari Amerika yang sedang ditugaskan UN di Afganistan dan sebentar lagi masa tugasnya berakhir. Ia sedang mencari istri. ย 

Katanya uang tugas ย akan dicairkan ke rekening calon istrinya dengan ย jumlah USD 10.000.000, tapi belum bisa dicairkan karena belum ada nama pewarisnya. Saya diminta membuka rekaning ย di CITI BANK dengan membayar USD 650 dan biaya transfer USD 4500 dengan ย menggunakan Western Union. Nama penerima ย Onoriode Godspower Efemini di ย Nigeria.ย 

Saya curiga lalu ย minta bukti surat surat dari bank, lalu mereka kirim dengan dua nama berbeda. ย Terlihat sekali abal abal banget. Setelah itu dia telpon dan WA saya terus seperti meneror dari berbagai nomor negara USA, Nigeria dan Malaysia, tapi tidak saya angkat. Dia ingin agar saya segera ย transfer uang sejumlah yang diminta.ย 

Saya minta video call dengan orang itu dan benar saja ย ternyata orang Nigeria, mereka sindikat scammers.

No. telp Amerika : +1 (430) 562 3615

No. Malaysia : +60 1161863096, +60 1169628803, +60 1169638539

No Nigeria sudah saya hapus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun