Fey Down
Fey Down karyawan swasta

Penerima Kompasiana Award 2014 "The Best In Specific Interest" Anti scam activist yang menetap di kota Perth, Western Australia. FB Page : www.facebook.com/waspadapenipu Twitter/IG : @feydown. Email : waspadascam@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosial Budaya

Seorang Wanita Sarjana Menjadi Korban Scammer Cinta

30 September 2013   14:01 Diperbarui: 24 Juni 2015   07:11 22334 16 18
Seorang Wanita Sarjana Menjadi Korban Scammer Cinta
138052368818686415

Seorang wanita Indonesia bertitel sarjana telah menjadi korban scammer cinta. Selama setahun lebih menjalin cinta maya, ia telah mengirim total uang Rp. 300.000.000 (tiga ratus juta) ke Malaysia. Ternyata pujaan hatinya seorang scammer.

Scammers cinta  ngga peduli kita sudah menikah atau masih sendiri. Di otak mereka hanya berpikir bagaimana mendapatkan uang dari korbannya.  Jika korbannya mudah dirayu, mereka akan terus minta dikirimi uang dengan berbagai alasan.

Hati ini ikut sedih jika mendengar cerita dari korban korban scammers.  Mereka bukan hanya kehilangan uang, tapi juga patah hati . Belum lagi rasa malu pada diri sendiri atas kebodohan yang mereka lakukan. Ada pula yang pernikahannya hancur gara gara scammers.

BERGERILYA DENGAN TULISAN :

Setiap saya menerima pesan dari scammers, saya jawab pendek saja. Nice to know you. Setelah itu saya lacak  halaman FB si scammer untuk mencari friend listnya. Jika tak terlihat, maka saya klik photo " sibule" maka disitu akan terlihat siapa saja yang menyukai photo tsb ( LIKE). Terlihat sederet nama wanita Indonesia dan philipine. Satu persatu saya kirimi message agar mereka berhati hati , tak lupa saya cantumkan link tulisan saya tentang scammerr dan untuk lebih meyakinkan mereka, saya kirim link pemilik asli photo tsb.

Ternyata sehari kemudian salah satu dari wanita tsb meninggalkan pesan lalu bertanya apakah pria yang menjadi kekasihnya seorang scammer. Ia pun mulai berbagi kisah dengan saya.

Sebut saja namanya Intan, seorang sarjana dan sudah berumah tangga.  Intan mengenal pria ini lewat Facebook pada bulan January 2012.  Mengaku bernama Roland John, duda istrinya meninggal, jabatan Office Manager  di SHELL , UK, plus CEO di  oil dan gas " RJ Oil and Gas" No Hp yang dipakai :  0447010071203.

facebook : roland.john.16 (photo dari FB)

Awalnya Roland ingin membuka  usaha sebagai supplier Oil dan Gas  di Indonesia dan meminta Intan mengurus izin izinnya.  Katanya ia memiliki modal 8 milyard (dollar apa rupiah ngga jelas - FD) . Untuk meyakinkan Intan, Roland mengirim copy passport lewat juga copy tiket UK - Jakarta dan transit di Malaysia.

Pada tanggal 8 Februari 2012 jam 8 pagi, Intan mendapat telpon dari imigrasi Malaysia bahwa Roland ditahan karena membawa uang 800 pound ( aneh bawa uang 800 poundsterling ditahan di Malaysia. di Malaysia declare uang kalau diatas 10.000 - mungkin 8 juta pound ngakunya- FD). Dari sini awal si Roland minta bantuan dana pada Intan terus menerus dengan alasan usahanya hancur karena uang tertahan di Malaysia.

Setelah saya cek FB si Roland, langsung saya bilang YES , 100% SCAMMER padahal waktu itu saya agak sulit melacak photonya, tapi saya yakin dia scammer karena photo cuma 1 dan RJ Oil dan Gas company itu tidak ada. Dia cuma bikin FAN PAGE aja...

Sudah lama Intan curiga pada Rolanda karena setiap diajak cam to cam alasannya laptopnya rusak ( masa CEO ngga bisa beli laptop baru ?- fey down) . Intan juga tahu bahwa ada 3 wanita yang di rayu abis dan dimintain uang tiket oleh Roland, tapi saat ia menanyakan , si Roland tak pernah ngaku. Dengan lugunya Intan mengatakan pada Roland:

" Andai kamu seorang penipu, saya tak berhak marah dan menilai apakah orang itu jahat atau baik karena semua   yang kita kerjakan hanya Allah yang tahu "

Perhatian dan rayuan gombal si scammer membuat Intan tergantung pada lelaki maya ini. Ia merasa ada yang menyayangi, menjaga, mencintai dengan tulus. Si scammer selalu mendoakan agar Intan dapat menjaga anak anaknya , juga mendapatkan uang dari hasil kerja ( Biar bisa dikirim lagi ke si scammer - FD).  Dia berjanji dengan membawa nama Tuhan bahwa ia akan datang ke Indonesia, menikahi Intan dan menjaga anak anaknya.

Pernah Intan mencoba mengajak cam to cam tapi terlihat orang Nigeria selintas, Roland menjawab bahwa itu adalah pembantunya. Berhubung  si scammer  selalu membawa nama Tuhan, merayu setinggi langit, perhatian dan cerdik mematahkan semua argumen Intan, maka ia tetap percaya dengan kekasih mayanya.

Intan juga melihat lokasi Roland  saat chat , ternyata  di Petaling Jaya Malaysia. Padahal ngakunya di UK. (Jika kita chat dengan seseorang yang memakai hp maka akan terlihat lokasi teman chat kita dibawah kotak chat - Fey down). Dengan lugunya pula Intan menyinggung tentang scammer yang sering kirim pesan, tapi Roland menyuruh Intan mencari apakah ada photo dia diantara scammer2 itu. (jelas aja ngga ada , kan  Intan udah jadi pacar maya si scammer- FD)

Sebagai wanita tentu saja kecurigaan itu membuat Intan ingin mengakhiri hubungan tapi ia selalu teringat akan kebaikan kebaikan si Roland ini. Menurutu Intan, ia  butuh perhatian dan hidupnya terasa sepi tanpanya. Sekarang Roland sudah tak terlalu maksa minta uang dengan alasan kasihan. (Ya jelas ngga maksa , karena si scammer sudah menikmati kiriman dari Intan sebesar 300 juta -FD)

Kini rumah tangga Intan di ambang kehancuran karena suaminya tak tahan lagi melihat hari hari Intan yang hanya memikirkan Roland. Suami Intan sudah tahu semua tentang silelaki maya. Kini mereka sedang mengurus perceraian.

Intanpun minta tolong pada saya, katanya jika benar si Roland scammer maka ia kan pergi dari hidupnya. Padahal tanda tanda itu sudah banyak dan sudah saya sampaikan tapi Intan tetap mengabaikan. Ia abaikan hati nurani dan lupa pakai logika.  Kata Intan hatinya akan sangat terluka jika benar Roland itu scammer dan mendoakan si scammer agar jadi orang baik.  (duh mulianya hati  ibu cantik ini - FD.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2