Mohon tunggu...
Fevarine WekaAdina
Fevarine WekaAdina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar/Mahasiswa

Hai, saya adalah sosok yang introvert dan suka menyampaikan suara hati saya melalui sebuah tulisan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Apa Arti dari Sebuah Kebahagiaan?

24 Juli 2022   22:31 Diperbarui: 24 Juli 2022   22:59 60 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Banyak dari kita saat ini mempertanyakan tentang apakah diri kita sudah bahagia. Kita sering overthinking tentang apa artinya bahagia dan apa bentuk bahagia untuk diri kita sendiri. Sejatinya untuk mengenal sebuah kebahagiaan dalam diri sendiri itu cukuplah mudah. 

Pertama kita mulai dari mengenal apa sih arti dari kebahagiaan itu sendiri. Kebahagiaan bisa diartikan sebagai bentuk sejauh mana seseorang mengevaluasi secara positif kualitas hidupnya saat ini secara keseluruhan. 

Selain itu, kebahagiaan adalah sejauh mana seseorang mengalami emosi positif dalam kehidupan sehari-harinya atau bisa dijelaskan bahwa seseorang yang bahagia berarti seseorang tersebut sedang berada dalam keadaan positif dan mampu menikmati kehidupan sehari-harinya. 

Seorang ilmuwan dalam penelitiannya menemukan sebuah rumus untuk mengukur atau mengetahui apakah seseorang itu merasakan sebuah kebahagiaan atau tidak. 

Rumus tersebut adalah jumlah kepuasaan hidup (diperoleh dari evaluasi positif dari kehidupan secara keseluruhan) ditambah pengaruh positif (dapat diketahui dari pengalaman emosi positif dalam jangka waktu tertentu) dikurangi pengaruh negative (dapat diketahui dari pengalaman emosi negatif dalam jangka waktu tertentu). 

Diri kita bisa dikatakan bahagia apabila kita sendiri bisa merasakan perasaan yang baik dalam diri kita dan kita tidak merasakan sesuatu yang berat dan menyakitkan di hari-hari kita.

Perlu kita ketahui lebih jauh, ternyata kebahagiaan bisa muncul karena 2 hal penting yaitu seseorang akan bisa merasa bahagia karena kejadian yang terjadi di kehidupannya saat ini dan kondisi ini disebut dengan the experiencing-self. 

Lalu seseorang akan merasa dirinya bahagia karena kenangan masa lalu atau ingatan masa lalu yang ada dalam dirinya kembali muncul dan kondisi ini bisa disebut dengan the remembering-self. 

Maka dari kedua hal tersebut bisa menunjukkan kepada diri kita bahwa pentingnya selalu menikmati apa yang kita lalui setiap harinya dan juga pentingnya kita tidak melupakan kenangan-kenangan masa lalu kita. Hal tersebut bukan tanpa alasan sebab dengan kita selalu mengingat dan menikmati setiap langkah hidup kita, kita menjadi merasakan sedikit demi sedikit letak kebahagiaan untuk diri kita.

Apa alasan kita perlu merasa bahagia dan apa yang nantinya akan kita dapatkan dari kebahagiaan itu? Ini merupakan pertanyaan yang sebagaian besar muncul dalam pikiran kita dan kita tidak tahu dari mana bisa mendapatkan jawabannya. 

Berikut ini adalah alasan mengapa kita perlu kebahagiaan itu untuk diri kita salah satunya yaitu dari kebahagiaan seseorang akan memperoleh kesehatan pada tubuhnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan