Mohon tunggu...
Fery. W
Fery. W Mohon Tunggu... Berharap memberi manfaat
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Penikmat Aksara, Musik dan Tontonan. Politik, Ekonomi dan Budaya Emailnya Ferywidiamoko24@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Tumbuh yang Ideal Itu ke Atas, Tapi ke Samping Juga Bisa Kok

5 Juli 2019   08:06 Diperbarui: 5 Juli 2019   09:24 0 1 1 Mohon Tunggu...
Tumbuh yang Ideal Itu ke Atas, Tapi ke Samping Juga Bisa Kok
Cdc.telkomuniversity.ac.id

Tagline iklan susu, tumbuh itu ke atas, bukan ke samping menggambarkan pertumbuhan yang bagus menurut iklan itu  ialah menambah centimeter, bukan kilogram. Walaupun itu tidak sepenuhnya benar, masa anak jadi seperti tiang listrik menjulang kurus. 

Tapi ya betul yang ideal tumbuh itu harus naik ke atas tidak ke samping. Pemikiran seperti ini pun berlaku di dunia kerja.

Karier seoramg pekerja itu idealnya naik terus ke atas misalnya dari operator naik jadi supervisor, naik lagi jadi asisten manager dan seterusnya sampai top management. Namun pada kenyataannya tidak semua pekerja mendapatkan kesempatan seperti itu. Karena posisi di sebuah organisasi/perusahaan itu selalu seperti piramida, tambah ke atas tambah kecil ruangnya.

Nah bagi para pekerja yang tidak memiliki kesempatan tumbuh ke atas, ya tidak apa-apalah tumbuh ke samping. Jika peluang naik jabatan itu sangat kecil, cobalah bergeser berpindah bagian. 

Dalam karier pertumbuhan ke samping bukanlah sesuatu yang buruk, bahkan di perusahaan-perusahaan modern hal ini sedang menjadi trend. 

Mereka menamakannya jenjang karier horisontal, karena perusahaan-perusahaan modern mulai memangkas lapisan vertikalnya menjadi struktur yang lebih datar agar lajunya perusahaan menjadi lebih gesit. 

Dalam organisasi seperti ini manajer yang membawahi puluhan tim. Dan karyawan bebas serta memiliki banyak pilihan untuk pindah dari satu tim ke tim yang lain. Setidaknya ada 3 manfaat yang bisa di dapat karyawan jika tumbuh secara horisontal.

Pertama, pengalaman dan kompetensi karyawan tersebut akan bertambah misalnya karyawan itu tadinya di bagian penjualan, kemudian pindah ke bagian produksi. Dia akan paham bagaimana proses produksi barang yang selama ini dia jual, kompetensinya berkembang dari hanya menjual menjadi, menjual dan memproduksi.

Kedua, network karyawan tersebut akan bertambah banyak, tadinya hanya berurusan dengan pihak distributor dan konsumen saja. 

Di bagian produksi kan dia harus berhubungan dengan supplier dan vendor-vendor pemasok lain juga beberapa pihak terkait dengan industri. Network yang luas dapat membantu karier karyawan tersebut untuk kariernya ke depan.

Ketiga, dengan bertambahnya kompetensi, pemahaman terhadap proses produksi, dan network yang semakin luas, pintu untuk mengembangkan karier ke jenjang yang lebih tinggi menjadi terbuka. Dengan berpindah bagian tadi, dia bisa  memiliki kompetensi untuk mengusai mulai siklus produksi sampai dengan proses penjualannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN