Mohon tunggu...
Efwe
Efwe Mohon Tunggu... Administrasi - Officer yang Menulis

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Resmi! FIFA Batalkan Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Sanksi Menanti?

29 Maret 2023   23:21 Diperbarui: 29 Maret 2023   23:45 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Federasi Sepakbola Dunia, FIFA akhirnya secara resmi memutuskan untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Mengutip situs resmi FIFA.Com, untuk pengganti Indonesia sebagai tuan rumah akan ditentukan kemudian, dengan waktu penyelenggaraan turnamen masih belum berubah, yakni tanggal 20 Mei-10 Juni 2023.

Mengenai potensi sanksi yang akan dijatuhkan kepada Indonesia, akan ditetapkan FIFA pada tahap selanjutnya.

Meskipun demikian, FIFA masih berkomitmen untuk membantu Indonesia dalam proses transformasi sepakbola Indonesia setelah tragedi Kanjuruhan 22 Oktober 2022 lalu.

Sebenarnya, tanda-tanda posisi tuan rumah Indonesia bakal dicopot sudah dapat diperkirakan beberapa jam sebelum rilis resmi dari FIFA, setelah salah satu anggota Exco PSSI Arya Sinulingga menampilkan status di akun media sosialnya dengan gambar menandakan "broken heart"

Pun demikian dengan cuitan dari orang dekat Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Tsamara Amany lewan akun Twitternya @TsamaraDKI yang menggunggah gambat serupa dengan Arya, "broken heart"

Ini lah fakta yang harus kini dihadapi oleh persepakbolaan Indonesia. Ribut-ribut kehadiran timnas Israel ditengah masyarakat Indonesia, akhirnya membuat event sepakbola besar yang telah dipersiapkan selama lebih dari 3 tahun dan untuk biaya perbaikan infrastruktur mencapai lebih dari Rp.600 milyar, harus dibatalkan.

Fakta ini, juga menunjukan bahwa sejatinya Indonesia belum siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, bukan tak mampu mempersiapkan secara fisik tetapi lebih kepada ketidakmampuan dalam mempersiapkan mindset masyarakatnya.

Nasi sudah menjadi bubur, tak pas lagi sekarang kita menggunakan kata "seandainya." Faktanya Indonesia sudah tak lagi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, dan mimpi skuad Garuda Muda untuk bertanding di level turnamen kasta tertinggi harus sirna.

Selain itu, ada satu hal lagi yang kini harus dihadapi sepakbola Indonesia, sanksi dari FIFA.

Terberat, keanggotaan Indonesia di FIFA akan ditangguhkan atau dalam bahasa yang lebih populer di "banned

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun