Mohon tunggu...
Efwe
Efwe Mohon Tunggu... Administrasi - Officer yang Menulis

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

1 Juli 2022   13:33 Diperbarui: 1 Juli 2022   13:47 229 44 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kabar duka datang dari Kabinet Indonesia Maju, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo Menteng Jakarta Pusat hari ini Jumat 1 Juli 2022 sekitar Pukul 11.00 Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB).

Almarhum Tjahjo Kumolo sebelumnya dikabarkan sedang menjalani perawatan yang cukup intensif selama beberapa hari terakhir ini. Ia di rawat lantaran penyakit komplikasi yang di deritanya.

Seperti dilansir CNNIndonesia yang mengutip rekan sejawat Tjahjo di Partai Demokrasi Indonesia- Perjuangan (PDI-P) Hendrawan Supratikno, awalnya Tjahjo mengalami fatique atau kelelahan yang teramat sangat, sehingga kemudian memicu munculnya penyakit komplikasi yang memang selama ini telah didapnya.

"Awalnya kecapean, letih. Pekerjaan yang berat, kemudian setelah jatuh sakit komplikasi, ada paru-paru, diabetes, asam urat. Orang sakit, kan, komplikasinya berarti multiorgan ya," katanya

Tjahjo yang lahir di Surakarta pada 1 Desember 1957, yang berarti saat meninggal dunia berusia 64 tahun mengalami kelelahan yang sangat saat ketika dirinya menjalankan tugasnya sebagai Menpan RB.

Di usianya yang tak muda lagi ditambah kondisi fisiknya yang memang terus mengalami penurunan membuat dirinya kerap merasa letih, apalagi kita tahu padatnya jadwal pekerjaan menjadi seorangpembantu presiden.

Sebelum kembali di rawat di RS Abdi Waluyo, Tjahjo juga sempat di rawat di Rumah Sakit Gatot Subroto selama dua pekan karena mengalami infeksi paru-paru.

Kondisi ini bisa terjadi akibat, masuknya bakteri atau virus ke dalam paru-paru sehingga menimbulkan peradangan dengan demikian fungsi paru-paru sebagai penyuplai oksigen ke dalam tubuh menjadi terganggu.

Selain infeksi paru-paru, Tjahjo Kumolo juga mengidap penyakit menahun diabetes yang sudah sejak beberapa tahun lalu di deritanya.

Penyakiti diabetes ini membuat kondisi kesehatan almarhum kian berat, apalagi kemudian dirinya pun diketahui memiliki penyakit asam urat karena tubuhnya kelebihan zat purin yang membentuk kristal di persendian.

Tentunya dengan sederet penyakit tersebut, ditambah usianya yang sudah tidak muda lagi, membuatnya badannya cepat lelah saat menjalankan tugasnya sebagai Menteri di Kabinet Jokowi Jilid II ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan