Mohon tunggu...
Widiatmoko
Widiatmoko Mohon Tunggu... Administrasi - Penulis Amatir

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

Tak Ada yang Salah dengan Ucapan Gus Yaqut "Kemenag Hadiah Negara bagi NU"

26 Oktober 2021   07:46 Diperbarui: 26 Oktober 2021   10:14 249 16 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menteri Agama Yaqut Cholis Qaumas/Sumber: Kompas.com

Sebenarnya tak ada yang salah dari ucapan Menteri Agama Yaqut Cholis Qaumas yang menyebutkan bahwa Kementerian yang dipimpinnya itu merupakan hadiah negara bagi NU.

"Kemenag itu hadiah untuk NU, bukan umat Islam secara umum, tapi spesifik untuk NU. Saya rasa wajar kalau sekarang NU memanfaatkan banyak peluang di Kemenag karena hadiahnya untuk NU," kata Yaqut, seperti dilansir CNNIndonesia.com, Rabu (20/10/21).

Hanya saja alasan atau dasar klaimnya tersebut yang menurut saya salah. Dalam lanjutan kalimatnya Yaqut mengungkapkan bahwa alasan negara memberikan jabatan di Kemenag pada NU lantaran jasa NU di awal kemerdekaan.

Saat itu tokoh-tokoh bangsa memperdebatkan penghapusan tujuh kata dalam piagam Jakarta saat dituangkan ke dalam Pancasila.

Perwakilan NU, Wahab Chasbullah menjadi juru damai hingga akhirnya penghapusan itu bisa diakomodir dengan baik dan terbuka oleh para tokoh yang berdebat saat itu.

Nah, peristiwa ini lah yang oleh Yaqut diklaim menjadi dasar bagi negara untuk memberi hadiah berupa "Kementerian Agama" kepada organisasi Nahdlatul Ulama alias NU.

Jika kita mengikuti kalimat lanjutan dari ucapan Yaqut diatas "saya rasa wajar jika NU memanfaatkan banyak peluang di Kemenag"

Jika peluang yang dimaksud adalah jabatan menteri yang saat ini ia duduki. Selain itu jika klaim Yaqut ini lantaran Kementerian Agama selalu dipimpin "Orang NU" yang kemudian menjadi dasar pemikiran klaim tersebut.

Alasannya sih sangat simpel dan tak perlu menarik jauh ke peristiwa sejarah kemerdekaan, ya karena keberhasilan NU menyokong penguasa, misalnya kita tahu dimana posisi NU saat Pilpres 2014 dan 2019.

Jadi "wajar" saja bila NU mendapatkan "hadiah" berupa jabatan menteri di sebuah kementerian. Seperti halnya PDIP, Golkar, PKB, PPP, dan berbagai organisasi relawan yang mendukung Jokowi dalam Pilpres 2019 lalu.

Coba yang kemarin menang dalam Pilpres 2019 Prabowo-Sandi mungkin Menteri Agamanya Rizieq Shihab, dan klaim Yaqut bahwa Kemenag itu hadiah negara bagi NU tak akan pernah kepikiran oleh dirinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Viral Selengkapnya
Lihat Viral Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan