Mohon tunggu...
Widiatmoko
Widiatmoko Mohon Tunggu... Administrasi - Penulis Amatir

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Pilihan

Met Gala, Haute Couture dan Industri Fesyen Dunia

16 September 2021   14:12 Diperbarui: 16 September 2021   20:38 132 28 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Met Gala, Haute Couture dan Industri Fesyen Dunia
Harpersbazzar.com

The Costume of Institute atau biasa disebut Met Gala ini adalah gelaran fesyen akbar yang menurut majalah mode Vogue disebut sebagai Oscar-nya dunia fesyen, gaungnya menarik perhatian publik.

Bagaimana tidak menarik, ketika sebuah perhelatan dikemas secara glamor mempertemukan maha karya para desainer, model-model papan atas serta para bintang Hollywood yang berpenampilan mewah.

Met Gala yang diselenggarakan setiap tahun ini, merupakan sebuah perayaan sekaligus acara penggalangan dana bagi The Metropolitan Museum of Art's Costume Institute New York Amerika Serikat.

Sempat absen pada tahun 2020 lantaran Pandemi Covid-19, Met Gala kembali digelar tahun ini pada Senin 13 September 2021, Penyelenggaraan ajang terakbar fesyen ini selalu dilaksanakan setiap Senin kedua bulan September setiap tahunnya.

Met Gala memang sebuah perhelatan extravaganza yang menyedot begitu banyak perhatian publik sehingga bisa disebut sebagai salah satu fenomena budaya pop dunia.

Pesta ini sangat eksklusif hanya bisa dihadiri orang-orang terpilih yang diundang. Jika pun ingin hadir, seseorang harus menebus tiketnya dengan harga yang sangat mahal, seharga mobil Toyota Innova, itu pun tak setiap orang berhak membelinya.

Intinya pesta ini diperuntukan bagi la creame de la creame society.

Met Gala sendiri seperti dilansir Architecturaldigest.com mulai diselenggarakan pada tahun 1948 yang dinisiasi oleh founder Dewan Perancang  Eleanor Lambert.

Saat itu hingga tahun 1971 jamuan makan malam tersebut selalu dilaksanakan setiap bulan Desember di Hotel legendaris nan mewah Waldorf Astoria, Central Park New York.

Perhelatan ini kemudian berkembang semakin besar saat mereka merangkul Pemimpin Redaksi Majalah mode dunia Vogue, Diana Vreeland sebagai konsultan khusus pada Met Gala 1973.

Vreeland mulai merangkul budaya pop dan para selebritis papan atas dunia, mulai dari bintang film hingga para politisi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan