Mohon tunggu...
Ferry Rendrahadi
Ferry Rendrahadi Mohon Tunggu... -

Suka Mencoba Sesuatu Yang Baru

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Pengalaman Belajar SosiologiKu

25 Oktober 2014   04:24 Diperbarui: 17 Juni 2015   19:49 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Assalamualaikum wr.wb saya ingin menceritakan pengalaman Pertama saya belajar sosiologi. Pertama kali saya belajar Sosiologi saat saya bersekolah di SMAN 16 Bekasi, di SMAN 16 Bekasi guru sosiologi saya adalah Pa Wahyu. Pa Wahyu bilang "copy-paste" itu adalah suatu kejahatan apalagi kita tidak mencantumkan Sumber. Karena pada dasarnya mencari suatu data itu sangatlah sulit, dan Pa Wahyu bilang jika kita belajar Sosiologi itu bisa membuat kita menjadi berpikir rasional. Pa Wahyu juga bilang kalau pelajaran Sosiologi itu adalah pelajaran yang paling keren, apa kerennya?? Karena orang-orang Sosiologi itu harus terus update agar tidak ketinggalan jaman karena perkembangan masyarakat itu bersifat dinamis atau tidak tetap, dan asiknya pelajaran Sosiologi itu kita tidak perlu Lab khusus, Lingkungan yang ada di sekitar di sekitar kita juga bisa menjadi Lab  kita, karena sesungguhnya Sosiologi itu mempelajari tentang ilmu kemasyarakatan. Menurut buku dan internet August Comte adalah bapak Sosiologi Dunia, tetapi menurut Pa Wahyu bapak Sosiologi yang  sebenarnya adalah Ibnu Khaldun. Kenapa Ibnu Khaldun? Karena jauh sebelum Comte, Khaldun lah yang terlebih dahulu yang memikirkan dan memahami ilmu kemasyarakatan. Selain Ibnu Khaldun dan August Comte yang mempelajari tentang Sosiologi ada banyak lagi nama yang lain yaitu Max Weber, Karl Marx, Emile Durkheim, dan masih ada banyak lagi ilmuwan yang mempelajari Sosiologi.

Dari bahas pelajarannya sekarang saatnya untuk membahas gurunya. Pa Wahyu biasanya dipanggil dengan sebutan Pa Wajeng, saya gatau kenapa Pa Wahyu bisa dipanggil dengan sebutan Pa Wajeng . Pa Wajeng menurut saya itu orangnya asiklah sama murid-muridnya tapi kalau udah kasih tugas mah bisa dibilang tega sama murid-muridnya, apalagi kalau ngasih tugas tuh pasti tugas nulis. Tapi kata Pa Wajeng kenapa dia selalu kasih murid-muridnya tugas nulis katanya buat kita terbiasa dan suka buat nulis karena nantinya kalau kuliah pasti ujung-ujung nya nulis skripsi dan katanya paling enggak tuh muridnya jadi penulis. Saya belajar banyak banget dari Pa Wajeng, kata Pa Wajeng hidup tuh bukan cuma hidup tapi harus punya visi-misi, dan kalau mau dikenal tuh bukan dengan cara bikin kontroversi kayak artis-artis ga jelas itu tapi dengan karya-karya yang kita buat. Ada satu tugas dari Pa Wajeng yang paling susah yaitu kita disuruh mencari dan membuat data motor di parkiran, itu tugas yang paling susah menurut saya soalnya di parkiran itu kita disuruh ngitungin jumlah motor segitu banyaknya, menghitung motor yang melanggar aturan.. Pokoknya diparkiran itu kita disuruh riset data gitu dah, mana motor diparkiran banyak banget kagi.. males banget saya ngitungin satu per satu, kan saya ga suka banget itung-itungan. Tapi dari situ lah saya tau kenapa Pa Wajeng  bilang kalo "copy-paste" data tanpa mencantumkan sumber itu adalah suatu kejahatan karena memang mencari suatu dataitu emang bener-bener susah, kita harus riset dulu.. cari data yang akurat bukan pake asumsi dan omong kosong..

Ohiyah kata Pa Wajeng dia cuma bisa kenal dua tipe murid yaitu murid yang pinter banget atau murid yang b*rengsek banget jadi kalo kita ga termasuk dalam kedua tipe itu yah ga bakal dikenal sama Pa Wajeng. Ada juga tugas nulis yang mungkin kata saya nulis yang paling banyak dan paling susah yaitu nulis pengalaman pertama belajar Sosiologi, yaudah saya tulis aja pertama kali saya belajar Sosiologi saat saya bersekolah di SMAN 16 Bekasi, di SMAN 16 Bekasi guru Sosiologi saya adalah Pa Wahyu  dan seterusnya disitu saya ceritain semua apa pengalaman saya saat diajarin sama Pa Wajeng, apa yang Pa Wajeng bilang ke murid-muridnya saya tulis semua ke buku, pokoknya kesan belajar Sosiologi sama Pa Wajengtuh seru, yang tadinya saya gatau apa-apa jadi tau dikit demi sedikit tentang Sosiologi dari yang ga tertarik jadibelajar Sosiologi jadi tertarik buat belajar Sosiologi. Saat dia cerita tentang misinya, bikin saya jadi pengen ikutan menjadi guru Sosiologi dan kalau saya nanti jadi guru Sosiologi saya bakal bikin nama Pa Wajeng dikenal sama murid-murid saya.. mungkin sekian aja cerita pengalaman sosiologi dari saya kurangnya mohon maaf  Wassalamualaikum wr.wb.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun