Mohon tunggu...
F. Norman
F. Norman Mohon Tunggu...

Pemerhati Sosial dan Politik Amatiran....

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Utang Jokowi 105 Kali Megawati, tapi Mega Jauh Menyejahterakan

25 Oktober 2017   08:03 Diperbarui: 26 Oktober 2017   09:59 11168 9 18 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Utang Jokowi 105 Kali Megawati, tapi Mega Jauh Menyejahterakan
Tabel 1 Perbandingan Jumlah Utang dan Indikator Kesejahteraan Antara Megawati dan Jokowi ( Olahan dari Data DJPPR Kemenkeu dan Badan Pusat Statistik)

Sama-sama berkuasa selama 3 tahun, sama-sama memegang Ideologi Trisakti Bung Karno, tetapi dari tabel diatas pencapaian Pemerintahan Megawati jauh sekali diatas Jokowi dalam hal menyejahterakan Bangsa Indonesia. Ini berkat teguhnya Megawati memegang prinsip kedua ideologi Trisakti Bung Karno, yaitu Berdikari di bidang Ekonomi

Ini tercermin dari jumlah utang dan indikator kesejahteraan masyarakat yang dicapai Jokowi dan Megawati masing-masing. 

Untuk jumlah utang, selama 38 bulan Megawati berkuasa, utang Pemerintah Pusat hanya bertambah Rp 12 Triliun sedangkan Jokowi dalam 35 bulan (per September 17) mencapai Rp 1.258 Triliun!! 

Tapi  dengan utang yang "imut" prestasi Megawati jauh melebihi Jokowi, dilihat dari sisi Indikator Kesejahteraan Rakyat (penurunan persentase penduduk miskin dan pengangguran terbuka).

Trisakti Bung Karno

Apa itu ideologi Tri Sakti Bung Karno?

Ini adalah Ideologi yang berfungsi sebagai penuntun, penggerak, pemersatu perjuangan serta pengarah bagi bangsa, penjabaran TRISAKTI diwujudkan dalam bentuk: 

Sebuah bangsa yang merdeka dan berdaulat perlu dan mutlak memiliki tiga hal, yakni berdaulat di bidang politik, berdikari (berdiri di atas kaki sendiri) di bidang ekonomi, dan berkepribadian di bidang kebudayaan.

Pertemuan tiga jam Presiden Jokowi dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Istana Batutulis Bogor Minggu 22 Oktober 2017 Istimewa
Pertemuan tiga jam Presiden Jokowi dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Istana Batutulis Bogor Minggu 22 Oktober 2017 Istimewa
Dengan demikian, prinsip dasar TRISAKTI ini menjadi basis sekaligus arah perubahan dalam pengembangan daya hidup kebangsaan Indonesia, yang menolak ketergantungan dan diskriminasi, serta terbuka dan sederajat dalam membangun kerjasama.

Untuk anda ketahui prinsip Trisakti ada dalam dokumen Nawacita serta RPJMN 2014-2019, artinya resmi menjadi panduan bagi Jokowi dalam pemerintahannya.

Indikator Jalannya Trisakti

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x