Mohon tunggu...
Ferdo Jordan
Ferdo Jordan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ferdo Jordan Sigarlaki

PJJ Ilmu Komunikasi 2017

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Problema Komunikasi Antar Pribadi di Ranah Digital

23 April 2021   08:24 Diperbarui: 23 April 2021   08:27 485
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pada dunia yang begitu maju sekarang kita memiliki beberapa opsi untuk mengakses dunia digital, mulai dari computer, handphone, tablet dan lainnya . Kemudahan tersebut membuat setiap orang terkoneksi antara satu dengan lainnya dan membuat suatu komunikasi antar pribadi . Dengan dunia digital ini kita di mudahkan untuk berkomunikasi antara satu dengan lainnya, contohnya ketika saya ingin kabari teman saya yang ada di Bali hanya lewat media sosial saja, lalu saya juga bisa bertemu dengan teman-teman saya yang sudah sangat lama tidak bertemu. Dari semua hal yang saya sampaikan tadi hal tersebut tidak lari dari "MASALAH" yang terjadi, terutama masalah Komunikasi Antar Pribadi . Masalah tersebut sering terjadi karena komunikasi yang di lakukan salah sehingga timbul perbedaan pemahaman antara satu dengan lainnya, masalah inilah yang membuat suatu hubungan antara individu atau kelompok menjadi renggang . 

Saya memiliki beberapa pengalaman yang saya alami tentang masalah dalam Komunikasi Antar Pribadi, waktu itu ketika sedang di adakannya kampanye pemilihan presiden yang dimana banyak sekali info-info yang tidak benar tersebar di media sosial yang dimana teman saya ini melihat info yang saya bagikan di media sosial saya dan ia langsung bertanggap bahwa saya menyerang calon presiden yang dia pilih yang tentu informasi tersebut tidak benar bahwa info yang saya bagikan tersebut benar apa adanya dan saya tidak berniat menyerang . Lalu pengalaman yang saya alami lagi ketika adanya kerja kelompok, yang dimana ia merasa tidak di hargai di kelompok tersebut karena teman saya menganggap pendapat yang ia berikan tidak efektif untuk mengerjakan tugas kelompok tersebut dan menurut saya apa yang di tanggapi teman saya tersebut memang benar bahwa pendapat yang di berikan oleh dia memang tidak efektif sekali . 

Dalam dunia digital yang berkembang begitu pesat perlu adanya bimbingan yang menuntun kearah dunia digital yang lebih baik, karena kasus komunikasi antar pribadi banyak terjadi karena kurangnya wawasan cara berkomunikasi yang baik sehingga menimbulkan miskomunikasi. Setiap kalimat yang kita ucapkan di dunia digital pasti tidak semuanya mudah di pahami oleh khalayak banyak, masih banyak orang yang mengambil kesimpulannya sendiri tanpa menanyakan ataupun memikirkan apa yang kita katakana di dunia digital . Budayakan selalu berfikir sebelum melakukannya di dunia digital, karena jika kita melakukannya tidak ada lagi yang namanya miskomunikasi ataupun salah paham terhadap suatu opini .

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun