Mohon tunggu...
Felix Kim
Felix Kim Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Warga Indonesia di Moskow, Rusia

Menulis merupakan kesenangan tersendiri untuk dapat meningkatkan imajinasi serta memberikan update terbaru bagi pembaca. Follow me on www.youtube.com/c/felixkim

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengajar dengan Google Meet

16 Juni 2020   01:25 Diperbarui: 16 Juni 2020   01:36 269
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Mengajar Bahasa Indonesia untuk tingkat pemula di KBRI Moskow merupakan tugas yang bisa menyenangkan dan juga membosankan.

Karena pandemi Covid-19, tugas pengajaran Bahasa Indonesia dirubah menjadi metode jarak jauh. Awalnya sempat pesimis dengan metode tanpa tatap muka ini, karena aku menilai mungkin akan menjadi kurang efektif.

Sebagai pengajar, tentu akan sangat baik jika bertemu dengan para murid. Namun, metode jarak jauh harus tetap dilakukan agar siswa tidak kehilangan bahan ajar mereka.

Berbagai cara telah aku lakukan, mulai dari Skype, Zoom, dan akhirnya pilihan jatuh kepada Google Meet. Platform Google Meet memiliki features yang hampir sama dengan platform Zoom. Google Meet disediakan bagi pengguna akun Google secara gratis.

Walaupun gratis, platform ini memiliki kelemahan. Google Meet tidak bisa melakukan perekaman video dan membagikan file secara langsung. Perekaman video hanya dapat dilakukan dengan melakukan upgrade akun Google Personal ke Google Suite.

Setelah mempelajari selama beberapa hari dan menimbang plus dan minus untuk melakukan upgrade, akhirnya aku memutuskan untuk melakukan upgrade akun Googleku.

Memiliki akun Google Suite (G-Suite) memberikan keleluasaan dalam mengatur email. Selain itu, aku bisa memiliki domain sendiri dan untungnya domain felixious.com masih tersedia dan bisa dibeli dengan berlanggaan selama setahun dengan biaya 12 USD.

G-Suite sendiri pun menawarkan 3 jenis tarif kepada pengguna. Tarif Basic, Tarif Pro, dan Tarif Enterprise. Sebenarnya G-Suite ini diperuntukan bagi pengguna yang ingin memulai bisnis. Aku mengambil tarif dasar karena saat ini peruntukan akun ini hanya untuk aku seorang. Syukur-syukur bisa memiliki usaha dengan nama Felixious.

Karena aku sudah melakukan upgrade, maka pengajaran Bahasa Indonesia pun menjadi lebih mudah. Aku bisa merekam pengajaran dan mengirimkan sejarah percakapan kepada para murid. Selain itu feature Google Documents juga aku gunakan untuk melakukan kontrol terhadap tugas-tugas para murid dan ini sangat membantu para murid juga untuk melihat progres mereka dalam belajar.

Untung ada Google ya. Dan saat ini menurut aku, aku lebih memilih untuk melakukan pengajaran secara daring, karena lebih menghemat waktu dan tenaga serta uang tentunya - bagi aku dan juga para murid. Dan para muridpun setuju karena sebagian dari mereka adalah murid yang sibuk dan juga ada murid yang bekerja di luar kota Moskow.

Semoga pengajaran daring ini tetap dapat berlanjut dan kami tentunya bisa bertemu dalam event tertentu di masa depan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun