Humaniora

Opini tentang Permasalahan Geng Motor

25 Juni 2018   23:25 Diperbarui: 25 Juni 2018   23:32 632 0 0

Opini Publik tentang masalah Geng Motor

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa antara sesama khalayak yang hidup di bumi memiliki berbagai perbedaan. Di dalam perbedaan tersebut tak jarang pula ditemukan suatu permasalah, nah suatu permasalahan yang terjadi ini dan ditanggapi oleh masyarakat. 

Hal ini bisa juga disebut sebagai opini publik sehingga Publik dan Opini itu sendiri timbul disebabkan adanya masalah yang dirasakan menarik dan dapat menimbulkan pro dan kontra (Masalah kontroversial) yang sering dijadikan alasan untuk beropini, Baik secara sehat maupun tidak. Sebagai mahasiswa ilmu komunikasi saya berusaha memaparkan sedikit tentang hal ini.

   Dapat kita lihat dari beberapa contoh isu yang belakang ini marak diperbincangkan. misalnya Geng Motor. Di berbagai daerah, keberadaan geng motor ini sudah ada sejak lama dan dirasakan interaksi nya dengan masyarakat memberikan dampak positif. Belakangan ini,di kota tempat saya berdomisili gank motor ini dirasakan cukup meresahkan. Terlihat jelas berbagai pengrusakan tempat -- tempat umun yang mereka lakukan, bahkan ada juga yang telah menimbulkan korban. "Si korban dikejar -- kejar oleh anggota gank motor tersebut ketika tengah berkendara dijalan raya. Si korban ini dipepet hingga menabrak becak yang tepat berada didepannya, kemudian ia terjatuh dekat selokan dengan memar dan luka ditubuhnya, segera dilarikan ke RS terdekat. Si korban tampak depresi, bahkan tak mau keluar rumah lagi walaupun untuk ke sekolah.". Contoh tersebut merupakan salah satu tindakan negatif dari adanya genk motor.

Dengan adanya permasalahan gank motor belakangan ini, para orang tua melarang anaknya untuk berlama -- lama diluar rumah (juga berlaku untuk saya). Pihak kepolisian pun semakin marak melakukan razia, baik di jalan -- jalan maupun sekolah. Berita tentang masih ada atau tidak nya gank motor ini (setelah razia yang dilakukan pihak kepolisian) masih simpang siur. Masyarakat merasakan akan lebih baik bila massalah gank motor tersebut diselesaikan sampai ke akar -- akarnya.

Di kota saya, terdapat Media massa (baik media cetak maupun elektronik) yang jujur dan dapat dipercaya sebagai penyimpul dari masalah kontroversial (dalam hal ini gank motor) yang ada agar khalayak dapat beropini dan menyikapi dengan bijaksana.

Untuk lebih mudahnya, maka dapat disimpulkan bahwa :

ISU -> MASALAH -> MEDIA MASSA -> PUBLIK (yang mengekspresikannya lewat sikap) -> OPINI PUBLIK

Salam

Febry Nur WP
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo