Mohon tunggu...
Febbi Shafa
Febbi Shafa Mohon Tunggu... mahasiswa

man jadda wa jadda

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Bermain Engklek Dapat Mengenal Teman Sebaya dengan Baik

1 Maret 2020   22:45 Diperbarui: 1 Maret 2020   22:46 41 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bermain Engklek Dapat Mengenal Teman Sebaya dengan Baik
https://gln.kemdikbud.go.id

"Ayo....Ayo....Ayo" sorak sorai dari sekumpulan anak kepada temanya yang akan bermain engklek. Sang anak yang sedang  bermain menyiapkan drinya dengan menggunakan satu kaki, kemudian melompat-lompat melewati lintasan yang sudah digambar dan dibuat oleh teman sebayanya dan juga dirinya dengan berbagai bentuk. 

Sang anak tersebut berkonsentrasi untuk menyelesaikan lintasan itu menggunakan satu kaki dan didampingi batu sebagai alat bantu permainan dan akhirnya anak tersebut dapat menyelesaikan lintasan tersebut, kemudian bergantian dengan teman yang lain.

Salah satu permainan tradisional yang masih lestari adalah permainan engklek. Dimana permainan ini dimainkan oleh sekumpulan anak. permainan ini merupakan permainan yang dapat mengenal teman sebaya dengan baik loh karena ketika membuat lintasan permainan engklek perlu adanya kekompakan, kreativitas, dan kerja sama agar terbentuknya lintasan yang bagus dan menantang. 

Hal ini juga tidak dilihat dari lintasan yang telah dibuat, tetapi dalam permainan ini terdapat  budaya yang baik yang disebut mengantri dalam memainkan permainan ini. Sehingga dari sini kita dapat mengenal watak atau karakter teman yang kita ajak bermain. 

Watak atau karakter teman sebaya akan terlihat ketika mengantri seperti ada yang rebutan, ada yang sabar menunggu waktunya untuk bermain dan lain-lain. Sehingga permainan ini bagus untuk mengenal teman sebaya dengan baik.

http://pintartematik.blogspot.com
http://pintartematik.blogspot.com
Engklek juga melatih anak untuk akrab dengan teman sebaya sehingga menumbuhkan sikap saling menghormati, menghargai, dan lain-lain yang berkaitan dengan teman. Teman akan terlihat sifatnya ketika bermain bersama seperti petak umpet, engklek, dan berbagai permainan tradisional yang berkaitan dengan teman sebaya dan melatih motorik anak.

Maka permainan engklek merupakan perminan tradisional indonesia yang mampu untuk mengenal teman sebaya dengan baik. Jadi permaian indonesia terutama engklek dapat menumbuhkan sikap untuk akrab kepada teman sebaya karena dalam permainan engklek  tidak hanya lompat-lompat saja tetapi melatih sifat kreatif anak dan berinteraksi dengan teman sebayanya. Semoga Bermanfaat.

VIDEO PILIHAN