Travel

Tingkat Kunjungan ke Curug Ngebul di Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

5 April 2019   19:22 Diperbarui: 5 April 2019   19:25 57 1 0
Tingkat Kunjungan ke Curug Ngebul di Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat
img-20190331-wa0011-5ca7488195760e3c32608905.jpg

Cianjur - Tingkat kunjungan ke Curug Ngebul di Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dalam setiap bulannya terus mengalami peningkatan pengunjung dalam setiap bulannya.Curug ngebul dapat ditempuh dalam waktu sekitar tiga jam dari arah Cianjur kota dengan menggunakan kendaraan pribadi roda empat atau pun roda dua. Jarak dari Cianjur kota menuju lokasi Curug ngebul pengunjung harus menempuh jarak sekitar 70 kilometer.

"Untuk pengunjung yang menggunakan kendaraan roda empat, harus dilanjutkan denga sepedah roda dua, karena jalan menuju curug ngebul sekitar lima kilometer jalan tidak cukup untuk kendaraan roda empat," kata Rifki (20) seorang guide di Desa Bunijaya.

Dirinya menjelaskan, saat menuju ke lokasi tersebut, para mengunjung disuguhkan dengan pemandangan yang masih alami, dan lahan pesawahan, sebelum masuk kelokasi curug ngebul, pengunjung dapat menikmani rawabeber dan situ hiang.

"Saat menuju lokasi curug, pengunjung dapat beristirat didua lokasi itu, sambil menikmati pemandangan yang indah dan untuk berphoto," kata dia

Ia menjelaskan, curug mengebul sudah terkenal sekitar dua atau tiga tahun yang lalu, kini curug itupun terkenal hingga luar Cianjur bahkan luar pulau, pengunjung diharuskan membayar tiket sebesar lima ribu rupiah, tak jarang dirinya pun selalu menjadi guide bagi para pengunjung dari luar kota. Dan hingga saat ini pengunjungnya pun terus bertambah.

Namun lanjut dia, bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan roda empat harus melanjutkan dengan kendaraan sepedah motor, karena jalan dari lokasi sepanjang lima kilometer belum cukup untuk dilalui.

"Sepanjang lima kilomter jalan dari lokasi hanya mampu dilalui oleh kendaraan roda dua saja, tak hanya itu jalannya pun masih terjal terlebih pada saat hujan tiba, jalan sangat licin," ucap dia

Tak hanya itu lanjut dia, beberapa pasilitas untuk dilokasi pun masih minim untuk keperluan para pengunjung, seperti tak adanya pegangan di tangga menuju lokasi curug.

"Saya berharap kepada pemerintah Cianjur atau pun pihak pengelola untuk segera memperbaiki jalan yang masih belum diaspal atau pun di cor, juga untuk beberapa fasilitas yang masih kurang. Ini perlu dilakukan oleh pemerintah agar tingkat perekonomian warga pun dapat meningkat," pungkasnya ***fauzinvdi***