Pendahuluan
        Kepemimpinan Administrator dalam dunia kesehetan sangatlah berpengaruh dalam menentukan alur & mutu pelayanan demi keberlangsungan pelayanan yang efektif kepada masyarakat. Pemimpin yang kompeten akan mampu dalam mengelola sumber daya manusia, memberikan arahan & motivasi terhadap tenaga kesehatan, dan bias mengambil keputusan yang tepat dalam keadaan yang serius.
Kepemimpinan tersebut mampu meningkatkan mutu pelayanan, keselamatan pasien dan efisiensi pengelolaan dalam pelayanan kesehatan. Dengan tiada nya kepemimpinan yang baik, potensi terjadi adanya konflik, ketidak efisienan pengelolaan dan menurun nya kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dapat meningkat.
Peran kepemimpinan administrator dalam pelayanan kesehatan sangatlah luas dan mencakup ke berbagai aspek.
1. Perencanaan StrategisÂ
Seorang pemimpin harus mampu menyusun program jangka panjang & jangka pendek, menyelaraskan visi misi sesuai dengan kebijakan nasional (Seperti Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) dan Rencana Strategis Kemenkes.), serta membuat perhitungan terhadap perubahan eksternal (misalnya regulasi pemerintah, tren penyakit, teknologi baru).
2. Pengarah & Memimpin Tim
Pemimpin yang baik bisa memberi arahan yang jelas kepada staf medis dan non-medis, menjadi teladan dalam etika kerja, integritas, dan pelayanan pasien, mendorong inovasi dan perbaikan berkelanjutan dan mampu menciptakan suasana kerja yang kondusif dalam menghadapi tantangan operasional.
3. Pengelola Sumber Daya
Mampu mempekerjakan, menilai, dan mengembangkan tenaga kerja sesuai kebutuhan dan kompetensi. Pemimpin juga harus mampu menyusun anggaran, mengontrol pengeluaran, serta mencari sumber pendanaan tambahan jika diperlukan serta menjamin tersedia nya peralatan medis, infrastruktur, dan teknologi informasi yang dapat mendukung pelayanan kesehatan.