Mohon tunggu...
Fauziah Safitri
Fauziah Safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo, saya Fauziah Safitri seorang mahasiswa jurusan Pendidikan Tata Boga, saat ini sedang menempuh perkuliahan di tahun akhir.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Meningkatkan Kemampuan Literasi di Bidang Pendidikan dan Masyarakat

24 September 2021   11:17 Diperbarui: 24 September 2021   11:18 68 2 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sejalan dengan tuntutan kecakapan hidup di abad ke-21, kecakapan literasi merupakan hal penting yang dibutuhkan masyarakat Indonesia agar bisa bersaing secara global. Tingkat literasi masyarakat Indonesia masih sangat rendah berdasarkan hasil beberapa penelitian yang mengukur tingkat literasi, Indonesia berada di urutan 60 dari 70 negara.

KKN Tematik UPI gelombang dua merupakan lanjutan dari KKN UPI gelombang satu. Pelaksanaan KKN UPI gelombang dua mengusung tema Literasi, dengan program literasi baca-tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, serta literasi kebudayaan dan kewarganegaraan, ebagai upaya meningkatkan budaya literasi di Indonesia.

Program literasi baca-tulis, literasi numerasi dan literasi sains diterapkan dalam bidang pendidikan formal dengan sasaran anak sekolah pada jenjang Paud hingga Sekolah Menengah Pertama. Sedangkan program literasi digital, literasi finansial, serta literasi kebudayaan dan kewarganegaraan merupakan program pilihan yang dilaksanakan di masyarakat.

Program kerja selama KKN Tematik Literasi dilaksanakan dengan membuat media pembelajaran representatif seperti flanel board, mendampingi pembelajaran tatap muka di sekolah, membantu mengajar di madrasah sekitar lingkungan tempat tinggal, membantu kegiatan posyandu dan sosialisasi tentang literasi digital sebagai program pilihan di masyarakat.

Program unggulan dari KKN Tematik Literasi yang dilaksanakan berupa pembuatan flanel board  atau papan tempel yang terbuat dari kain flanel dan gambar huruf, angka, buah-buahan serta sayuran yang bisa ditempel di kain flanel. Media pembelajaran tersebut diharapakan dapat membantu meningkatkan literasi siswa dengan memahami simbol, gambar, dan warna yang terdapat dalam media pembelajaran.

Kegiatan unggulan di masyarakat yaitu mengenai literasi digital berupa poster yang berisi tentang tata cara berjualan di marketplace facebook. Diharapkan media poster ini pendapatan masyarakat bisa meningkat dengan berjualan di marketplace facebook dan masyarakat bisa lebih melek terhadap penggunaan teknologi yang dapat membantu kehidupannya.

Penulis: Fauziah Safitri

Kelompok : 33

Program Studi: Pendidikan Tata Boga

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan