Mohon tunggu...
Fauzan Azhima
Fauzan Azhima Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Ar-Raniry

Mahasiswa UIN Ar-Raniry

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Keorganisasian Mahasiswa

29 September 2022   20:45 Diperbarui: 29 September 2022   20:56 79 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Membangun Karakter Mahasiswa dalam Berorganisasi
Banyaknya perkumpulan diberbagai kampus hingga hampir setiap saat selalu adanya ajakan berorganisasi,baik dari dalam kampus maupun luar kampus.
Apasih organisasi itu? Kenapa begitu nyaring dan banyak orang menghabiskan waktunya untuk ikut serta dalam organisasi?

Organisasi adalah langkah awal bagi mahasiswa untuk melatih leadership agar dapat terealisasinya peran mahasiswa. Organisasi merupakan miniature kecil untuk mahasiswa agar dapat melatih teamwork dan manajemen konflik agar dapat mewujudkan peran mahasiswa di masyarakat secara konkrit. Dan hal yang paling menarik dalam megikuti organisasi adalah banyaknya teman baru, banyaknya link, dan disini juga kita bisa mendapatkan kekuasaan dan pengawasan. 

Karena kenapa? Setiap kita mendapatkan jabatan pasti akan ada laporan pertanggung jawaban.
Dalam Islam Organisasi sudah ada sejak lama, diantaranya yaitu Khalifah, kekhalifahan terbentuk setelah wafatnya Rasulullah SAW. Maka dari itu organisasi bukan lah yang tabu dalam masyarakat Islam.

Dalam khasanah sosiologi Islam, Ibnu Khaldun terkenal sebagai  peletak dasar solidaritas atau dikenal dengan teori 'Ashabiyat, teori ini merupakan perwujudan dari teori harmoni ka Al jasad Al Wahdi, yang menggambarkan kelaziman saling melindungi, mengisi, dan membantu sesama. Harmoni ka Al jasad Al Wahdi diibaratkan seperti bangunan, yang antara setiap elemen bangunan nya saling memperkuat dan memperkokoh solidaritas.
Dalam suatu hadits diterangkan :
  ,: ( , 3:4)      
Rosulullah SAW ditanya tentang sebaik-baiknya manusia, maka sabdanya: Mereka yang memerintah pada yang  ma'ruf dan  mencegah kemunkaran (H.R. Abu Daud, Tafsier Al-Maroghi 4 : 3)
Apakah Islam Menganjurkan Berorganisasi ?
Islam menganjurkan organisasi untuk hal yang baik, terlebih untuk kemaslahatan ummat dan masyarakat. Seperti firman Allah dalam surat Al Maidah ayat 2 :

... ...

... Dan saling tolong menolonglah kalian dalam kebaikan dan ketaqwaan, dan janganlah kalian saling tolong menolong dalam dosa dan permusuhan...

Dalam ilmu sharaf, kata "ta'aawanu" berasal dari kata "ta'aawun" setiap kata dalam bahasa Arab yang memiliki bentuk asal "tafaa'ul" memiliki beberapa makna pokok yang salah satunya adalah : saling. Seperti kata "tawaashau" dalam surat Al Ashr ayat 3 :

...   ...

Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shalih, dan saling menasehati dalam kebenaran dan saling menasehati dalam kesabaran.

Banyak mahasiswa yang sedang duduk di bangku perkuliahan menganggap bahwa perkuliahan adalah aktivitas yang monoton, begitulah mayoritas perspektif mahasiswa. 

Pada dasarnya, mahasiswa memiliki lima peran dalam masyarakat di antaranya ialah agent of change, iron stock, penjaga nilai, kekuatan moral, dan sebagai pengontrol dalam kehidupan sosial di masyarakat. Pada hakikatnya, menjadi mahasiswa adalah sebuah pervillege, yaitu keistimewaan yang tidak semua orang dapatkan, harusnya kita sadar ruang lingkup mahasiswa tidak hanya sebatas duduk di kursi, menyimak pelajaran, lalu pulang.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan