Mohon tunggu...
Fatma Gusti Azzahra
Fatma Gusti Azzahra Mohon Tunggu... Akuntan - Mahasiswa S-1 Akuntansi Universitas Pamulang

Don't give up

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Bahasa Gaul terhadap Eksistensi Bahasa Indonesia

15 Juni 2021   15:00 Diperbarui: 15 Juni 2021   15:22 1127 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENDAHULUAN

Bahasa merupakan identitas suatu negara sebagai alat berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia lainnya.Bahasa juga  merupakan sarana manusia untuk menyampaikan pemikiran atau pendapat , dalam pemakaiannya bahasa menjadi sangat beragam karena bergantung pada kebutuhan dan tujuan komunikasi.Dalam hal ini  bahasa yang dimaksud adalah bahasa indonesia .

Berbahasa indonesia dengan baik dan benar sesuai dengan faktor penentu komunikasi dalam penerapan aturan kebahasannya.Namun seiring pesat nya kemajuan teknologi jadi banyak cara yang dipilih  dalam pemakaian  bahasa dalam berkomunikasi.

Dalam era globalisasi ini , jati diri bahasa indonesia merupakan ciri Bangsa Indonesia yang harus dipertahankan eksistensinya.Dalam era digital penguasaan teknologi dan bahasa gaul semakin meminggirkan posisi bahasa indonesia.

PEMBAHASAN

 Di zaman sekarang ini perkembangan bahasa indonesia kian menurun,dengan masuknya bahasa asing dan bahasa gaul yang membuat banyak masyarakat menjadikan kosa kata bahasa.Bahasa Gaul merupakan ragam bahasa yang digunakan pada suasana santai bahasa ini tidak resmi.Bahasa Gaul merupakan bahasa khas remaja(kata-katanya diubah sedemikian rupa sehingga hanya bisa dimengerti dan dipahami hamipr seluruh remaja).Dengan munculnya bahasa gaul dikhawatirkan bisa mengakibatkan turunnya pemakakaian bahasa indoensia secara baik dan benar.

Eksistensi Bahasa Indoensia tercancam terpinggirkan oleh bahasa gaul,dalam kondisi tersebut perlu pembinaan dan pemupukan sejak dini kepada generasi muda agar mereka tidak ikut dalam menggunakan bahasa gaul.Sudah jelas saat ini  masyarakat sangat banyak yang menggunakan bahasa gaul dan diperparah dengan generasi muda yang tidak terlepas dari pemakaian  bahasa gaul.Dan bahkan generasi muda inilah yang paling banyak menggunakan bahasa gaul di kalangan masyarakat.

Ciri-Ciri Bahasa Gaul

Kata-kata yang digunakan cenderung pendek,sementara kata yang agak panjang akan diperpendek melalui proses morfologi dan menggantikannya dengan kata lain yang lebih pendek.

Contoh Bahasa Gaul

1.Baper (Bawa perasaan) :Istilah ini sering digunakan apabila tindakan atau ucapan seseorang dimasukkan kehati.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan