Mohon tunggu...
Fatkhur Rozi
Fatkhur Rozi Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Pendidikan Jasmani dan Olahraga di IAIN Salatiga dan Majelis Sabuk Hitam (MSH) INKAI DAN II, Anggota Pengurus Pusat Studi Gender dan Anak IAIN Salatiga

just play, have fun, enjoy the game, and get the goal Kebenaran jika hanya didiamkan tidak disuarakan dan diamalkan akan menjadi sebuah keniscayaan belaka. Belajar tidak hanya memahami, belajar perlu diamalkan. kita menjadi bisa karna terbiasa, terbiasa butuh pembiasaan, pembiasaan butuh latihan. Saat ini saya sedang latihan menulis....". Belajar, berkarya, bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Menanti Kejutan Laga Penentuan

19 Desember 2021   15:03 Diperbarui: 19 Desember 2021   15:15 116 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Piala AFF 2020 menyisakan satu laga terakhir penyisihan Grup B malam ini yang terjadwal kick off pukul 19.30 WIB. Dalam laga nanti malam terdapat dua laga yang dipertandingkan bersamaan, yaitu laga Malaysia berhadapan dengan Indonesia dan Vietnam berhadapan Kamboja. 

Menariknya dari laga ini adalah laga penentuan di grup B dimana belum ada yang pasti lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Namun, hanya tiga tim yang berpeluang lolos, yaitu: Indonesia, Vietnam, dan Malaysia. 

Meski saat ini Indonesia masih memuncaki klasemen sementara grup B, tetapi posisi tersebut belum aman. Indonesia hanya unggul produktivitas gol daripada vietnam dan keduanya sama-sama mengoleksi 7 angka hasil dari dua kali menang dan satu kali seri. Malaysia sementara menguntit di posisi ketiga dengan koleksi 6 angka hasil dari dua kali menang dan satu kali kalah. 

Beberapa media masih mengunggulkan Vietnam yang lolos sebagai juara grup B ini. Bukan tanpa alasan karena penampilan Vietnam yang begitu impresif selama Piala AFF 2020 bergulir. 

Namun demikian, sepak bola bisa saja penuh kejutan. Barangkali Vietnam bisa saja ditahan imbang oleh Kamboja ataupun kalah. Meskipun hal tersebut secara matematis sangatlah tipis peluangnya. 

Sementara itu, Indonesia yang hadir tidak sebagai unggulan dalam putaran final Piala AFF 2020, sejauh ini memberikan kejutan dengan mampu menahan imbang Vietnam pada laga terakhirnya. 

Catatan menarik lainnya adalah gol-gol yang dihasilkan Indonesia tidak hanya dari barisan penyerang, bisa dari pemain bertahan dan pemain tengah. Lebih lanjut, dapat melalui pemanfaatan skenario bola mati ataupun permainan terbuka. 

Pada laga terakhir nanti, Indonesia hanya membutuhkan hasil imbang melawan Malaysia untuk memastikan lolos menuju babak semifinal. Akan tetapi, beberapa pihak menyoroti Timnas Indonesia agar tetap fokus terhadap jalannya laga. Bukan tanpa sebab, kerap kali Indonesia harus kandas dari Malaysia saat posisi yang lebih menguntungkan seperti ini. 

Terlebih dalam pertemuan dua laga terakhir pada lanjutan kualifikasi piala dunia, Indonesia harus menerima dua kali kekalahan dari Malaysia. Untuk itu, pemain Indonesia harus tetap fokus, bermain imprensif, dan rileks menghadapi laga penentu nanti malam. 

Tentunya, para pemain harus menjalankan strategi yang telah dirancang oleh Pelatih Shin Tae Yong. Terbukti dengan beberapa komposisi yang banyak dihuni pemain muda, Indonesia bermain lebih impresif, sabar, dan fleksibel di bawah arahan Shin Tae Yong. Harapannya tidak hanya berhasil menahan imbang, Timnas Indonesia berhasil memenangkan laga dan berhasil memuncaki klasemen akhir untuk lolos ke semifinal menghadapi Singapura. 

Jika lolos sebagai runner up, Indonesia harus bersiap menghadapi tim kuat Thailand. Patut kita nantikan kejutan strategi yang dijalankan pelatih Shin Tae Yong nanti malam untuk meredam agresivitas permainan Malaysia. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan