Mohon tunggu...
Fatimah
Fatimah Mohon Tunggu... Guru - IRT dan penulis

Menulis adalah hobi yang akan saya lakukan selama saya bisa menulis untuk terus menebar manfaat bagi sesama.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Indari Mastuti: Menulis Memudahkan untuk Bernetworking

10 Agustus 2022   14:43 Diperbarui: 10 Agustus 2022   14:53 104 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Indari Mastuti/sumber dokumen pribadi Indari Mastuti

Menulis merupakan kegiatan merangkai kata demi kata yang mempunyai makna tertentu agar dapat dibaca oleh orang lain. Kemudian seberapa penting kegiatan menulis tersebut? Apa sih manfaat yang dapat kita ambil dari kegiatan ini?

Indari Mastuti dan Kegiatan Networking

Indari Mastuti, perempuan energik pendiri Indscript Creative menjelaskan bahwa menulis mempunyai banyak manfaat. Manfaat ini, dapat dirasakan sendiri juga berdampak kepada lingkungan di sekitarnya.

Dalam kesempatan zoom meeting bersama komunitas Ibu-Ibu Doyan Bisnis (IIDB) bahwa menulis jika akan dilakukan dengan konsisten akan membuat jiwa bahagia. Bukan tidak mungkin dari menulis ini akan membuka peluang usaha dari hasil tulisan tersebut.

Manfaat yang pertama dari menulis yaitu, lebih mudah untuk melakukan networking. Networking merupakan kegiatan bertukar informasi dan ide dengan beberapa orang yang memiliki profesi atau ketertarikan dalam bidang tertentu. Bidang yang dikerjakan dapat sama ataupun berbeda.

Networking akan menguntungkan ketika sesorang membangun bisnis. Semakin luas pergaulannya dan bernetworking dengan baik, maka citra diri akan terbentuk yang akan membuka peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang baru ataupun bisa berhasil dalam menjual produk.

Saling membantu teman dalam satu komunitas akan terjadi ketika bernetworking.  Dengan keahlian yang berbeda satu sama lain, ini akan melengkapi sehingga terjadi keharmonisan.

Manfaat lainnya adalah ketika bertemu dengan banyak orang, tentu kesempatan untuk saling bertukar ide lebih terbuka daripada bekerja sendiri. Dari pertukaran ide ini, bukan tidak mungkin akan melahirkan sebuah proyek yang baru, yang melibatkan seluruh anggota di dalam komunitas tersebut.

Manfaat menulis selain memudahkan membangun networking adalah untuk memperlancar membuat konten perkenalan. Ketika memasuki dalam komunitas baru, tidak semua orang dapat langsung berbaur. Dunia yang baru diikutinya, kadang belum terbiasa sehingga merasa canggung.

Dengan kemampuan menulis, seseorang dapat berkenalan dengan lancar menyapa member yang ada komunitas. Misalnya membuat konten perkenalan di grup WA, Facebook, email ataupun media yang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan