Mohon tunggu...
Fathur Rahman Nasution
Fathur Rahman Nasution Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa komunikasi sekolah vokasi ipb

Sukabumi 18 tahun mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mengenal Energi Terbarukan dan Manfaat untuk Masa Depan

30 Juli 2021   17:15 Diperbarui: 30 Juli 2021   17:40 43 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Energi Terbarukan dan Manfaat untuk Masa Depan
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Mengenal  Energi Terbarukan Dan Manfaat Untuk Masa Depan

    Tahukah kalian bahwa sumber energi yang kita gunakan sehari hari seperti listrik dan bahan bakar bensin yang masih memanfaatkan energi tidak terbarukan seperti fosil yang tidak ramah lingkungan, berbahaya bagi kesehatan dan akan habis. Oleh karena itu energi terbarukan mulai dikembangkan dan dipergunakan oleh kebanyakan Negara saat ini selain tidak akan habis, ramah lingkungan dan baik untuk kesehatan.

Energi terbarukan adalah sumber energi yang berasal dari alam yang tidak akan habis,karena dapat diperbarui terus menerus serta tak terbatas. contohnya seperti sel surya yang memanfatkan panas matahari, kincir angin yang memanfaatkan   angin, , turbin air yang memanfaatkan  arus  sungai dan lainya. 

 Hampir semua industri dan teknolgi yang kita gunakan sehari hari masih menggunakan energi tidak terbarukan seperti fosil dan nuklir yang dapat memperparah pencemaran lingkungan dan pemanasan global. Seharusnya kita harus sudah mengenal dan memanfaatkan energi terbarukan dari dahulu agar lingkungan bumi kita mulai membaik dan dapat mengurangi pencemaran lingkungan yang di timbulkan oleh energi tidak terbarukan.

Di Indonesia sendiri memiki sumber energi terbarukan yang paling banyak dimanfaatkan yaitu sinar matahari, angin dan air. Tetapi di Indonesia sendiri masih terbilang sedikit dalam memanfaatkan energi terbarukan. Kekayaan energi terbarukan di Indonesia sendiri cukup banyak dan berlimpah karena Indonesia Negara yang banyak gunung merapi , sungai, daratan dan laut yang luas yang dapat dimanfatkan sebagai energi terbarukan. Sayang sekali Indonesia masih tergantung oleh energi tidak terbarukan seperti fosil. Semoga pemerintah Indonesia dapat memanfaatkan potensi sumber energi terbarukan dan memanfaatkannya. Apakah kamu sudah mengetahui apa saja sumber energi terbarukan yang dapat dimanfaatkan? Jika belum mengetahuinya, ayo simak di bawah ini!

  1. Energi Air 

Energi air adalah satu dari sekian banyak sumber energi terbarukan yang telah banyak dimanfaatkan untuk mengganti energi fosil, seperti pembangkit listrik tenaga air. Air sifatnya terus menerus bergerak tiap gerakan air menghasilkan energi yang besar. Energi ini berasal baik dari sungai yang mengalir atau gelombang air yang berupa ombak di lautan. Contoh pemanfaatan mengunakan energi air :

  1. Energi pasang surut

Energ ini memanfaatkan pasang surut air laut, energy jenis ini dimanfatkan di pantai timur amerika dan eropa. Turbin yang di pasang di tepi laut membantu mengubah energi dari pasang surut air laut menjadi energi mekanik untuk menggiling gandum.

  1. Energi ombak 

Energi ini memanfaatkan tekanan naik turunnya air laut. Energi ini dapat digunakan untuk pembangkit listrik dengan memanfaatkan tekanan naik turun dari ombak

  1. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
    VIDEO PILIHAN