Mohon tunggu...
Fathonah Sri Utami
Fathonah Sri Utami Mohon Tunggu... Wiraswasta - Guru TK

Saya adalah calon guru penggerak angkatan 7 yang berasal dari TK Negeri Pembina Trenggalek

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Modul 3.3 Ketiga

27 Juni 2023   19:32 Diperbarui: 27 Juni 2023   19:38 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN
MODUL 3.3 Ke 3  


NAMA : FATHONAH SRI UTAMI, S.Pd.AUD
KELAS : 136
CGP ANGKATAN 7


Pada modul 3.3 dengan materi "Program yang Berdampak Positif Pada Murid" sangat memberikan inspirasi untuk lebih berkarya daalam pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak pada murid. Materi pada modul 3.3 ini juga menggugah semangat kami dalam berkreasi. 

 
FACTS (Peristiwa)
Setelah mempelajari dan memahami Modul 3.3 bertambahlah wawasan dan pengetahuan saya akan program yang ada di sekolah baik program intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Dalam program intrakurikuler terjadwal dengan alokasi waktu dalam rencana persiapan pembelajaran sehari-hari. Untuk program kokurikuler berupa penguatan dalam pembelajaran dan program ekstrakurikuler berupa kegiatan diluar jam pembelajaran. Dalam hal ini saya mengambil program intrakurikuler dengan kegiatan yang saya beri nama/judul SI UNYIL. SI UNYIL singkatan dari Siap mengUpayakan keNYamanan Isi keLasku". Saya mengambil program ini dengan tujuan anak dapat belajar dengan nyaman dan menyenangkan sehingga anak akan selalu rindu sekolah.

FEELING (Perasaan)
Saya merasa bersyukur dan senang sekali setelah mempelajari modul 3.3 ini, karena setelah mempelajari modul ini menambah wawasan saya juga memotivasi saya untuk lebih bekreasi dalam menambah kenyamanan kelas untuk kegiatan belajar mengajar. Saya juga senang sekali ketika melihat anak-anak dengan antusias meluapkan apa yang menjadi keinginannya dengan mengeluarkan suaranya/pendapatnya,  keinginannya dan kepemilikannya. Berbagai suara/pendapat kita tampung semua, apa yang menjadi keinginan anak-anak kita salurkan, dan anak-anak merasa memiliki dengan apa yang ia lakukan atau karya-karya yang  dihasilkannya. Anak tampak senang dan bahagia dengan karya-karyanya yang dipajang bersama teman-temannya. Itu semua karena sesuai dengan pilihannnya. Saya juga merasa bangga sekali dengan karakter anakanak yang memiliki sikap kerjasama yang tinngi dalam berkegiatan menghias kelas.


FINDING (Pembelajaran)
Program "SI UNYIL" termasuk dalam program intrakurikuler, dimana program ini dalam setiap tema pembelajaran dapat diterapkan. Hasil karya anak dapat dipajang untuk menghiasi kelas. Dengan penataan dan susunan ruang kelas ada kalanya saya serahkan pada anak. Apa
yang menjadi keinginan anak akan model tempat duduk. Ada kalanya anak minta belajar dengan menyusun model tempat duduk seperti kereta api. Dalam pembelajaran sehari-hari saya menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dimana pembelajaran yang berpusat pada murid. Anak memilih kegiatan sesuai dengan bakat dan minatnya, sehingga benar-benar tersalurkan apa yang menjadi pilihannya.


FUTURE (Penerapan)
Dalam kurun waktu dua Minggu ini saya melaksanakan tugas dari modul 3.3 dengan judul program "SI UNYIL". Saya memulai dari berkoordinasi dengan kepala sekolah saya, kemudian berdiskusi dengan rekan sejawat, wali murid dan peserta didik. Selain itu saya juga berkoordinasi dengan masyarakat luar sebagai tenaga pembantu yang saya rasa tidak mampu saya lakukan. Kerjasama antara kepala sekolah, rekan sejawat, wali murid, murid dan masyarakat sangat membantu sekali dalam pencapaian program "SI UNYIL" ini. Suara, pilihan dan kepemilikan anak-anak tersalurka n semua. Anak merasa senang, bahagia dan gembira, sehingga tidak ada kata malas untuk berangkat sekolah tetapi adanya RINDU SEKOLAH.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun