Mohon tunggu...
farrel refayaakbar
farrel refayaakbar Mohon Tunggu... Pelajar

SMP Labschool Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Tahun Baru Islam 1441H di SMP Labschool Jakarta

16 September 2019   10:49 Diperbarui: 16 September 2019   11:05 0 1 1 Mohon Tunggu...

Muharram merupakan salah satu bulan yang dihormati selain Dzulqa'dah, Dzulhijjah dan Rajab Mudhar.jika umat Islam menjalankan berbagai amalan tentunya akan mendapatkan pahala dan berkah yang melimpah. AllahSWT menjelaskan dalam Al-Qur'an, bahwa telah menjadikan bulan Muharram sebagai salah satu dari empat bulan yang disucikan.

Tahun baru islam jatuh pada tanggal 1 Muharram 1441H atau 1 September 2019. SMP Labschool Jakarta memperingati hari tersebut pada hari Jumat pada tanggal 13 September 2019. 

Pada hari tersebut, anak-anak kelas 7 dan kelas 8 pergi ke auditorium untuk mendengarkan ceramah dari ustadz dan yang kelas 9 mendengarkan ceramah di masjid baitul ilmi bagi yang muslim. Bagi yang non muslim, dapat ke ruang kebaktian untuk menjalankan kegiatannya. 

Jam 07.00 pagi, kami pergi ke auditorium untuk mendengarkan ceramah. Ada hiburan juga yang berupa nyanyian dari salah satu murid kelas 8 di SMP Labschool Jakarta. Kegiatan ini diurus oleh OSIS SMP Labschool Jakarta. Mereka mengawas di pojok ruangan. 

Pertama-tama, ada sambutan dari ibu POMG dan kepala sekolah. Lalu, pembacaan Al-Quran oleh Rohis Zidayatul khayr. Lalu, setelah itu ada ceramah dari ustadz. 

Dia menceramahi kami tentang akhlak. Dengan cinta, kita bisa melakukan kebaikan dan bisa juga keburukan. Lalu, ada juga tentang kenapa kita harus berhijrah. Apa itu hijrah dan lain-lain. Lalu, tentang teori darwin. Banyak keraguan dalam teorinya. Theory of evolution yang dimiliki oleh Charles Darwin ternyata memiliki banyak keraguan didalamnya. Ustadz mengajarkan kita agar tidak dibodohi oleh teori tersebut. 

Teori yang tentang manusia adalah evolusi dari monyet dan hewwan hewan lain adalah evolusi dari ikan ataupun kadal yang memiliki sayap lalu menjadi burung dan lain lain. Sedangkan manusia pertama menurut agama islam adalah Nabi Adam As. 

Kita diajarkan agar tidak terbodohi dengan teori tersebut. Lalu, setelah materi itu, jam 08.30, kami kembali ke kelas. Pelajaran dimulai pada jam 08.50, jadi kami memiliki waktu 20 menit untuk istirahat. Kelas banyak yang dikunci. Jam o8.50, kami kembali ke kelas untuk belajar.